Rangka Rumah Kayu Digantikan Rangka Baja Ringan? Berikut Keunggulannya !

 

Ketika Anda hendak membangun sebuah rumah impian, maka penting untuk memikirkan material yang akan digunakan. Jenis material yang banyak dipilih yaitu kayu atau baja ringan. Kedua material ini biasanya digunakan  untuk membuat rangka atap, dinding, kanopi, partisi atau lainnya. Jika dilihat dari tingkat popularitasnya, baik rangka rumah kayu maupun rangka baja ringan sama-sama banyak diminati meskipun baja ringan masih terbilang pendatang baru. Tidak sedikit pula yang kini beralih dari penggunaan kayu menjadi baja ringan untuk kebutuhan kontruksi bangunan.

Rangka rumah kayu memang memiliki bentuk yang lebih natural sehingga membuat tampilan bangunan terlihat lebih artistik. Namun kebutuhan kayu yang terus meningkat setiap tahunnya memicu terjadinya illegal logging. Bahan kayu semakin sulit dicari sebab bahan yang bagus sudah jarang ditemukan. Hal ini menjadikan harga kayu semakin mahal. Selain itu, kelemahan dari material kayu adalah mudah membusuk akibat serangan rayap atau perubahan cuaca apabila tidak diberi proteksi. Bentuk kayu juga tidak stabil dimana kayu mudah melengkung sehingga dapat beresiko pada kerusakan rangka atap bangunan Anda. Baja ringan lebih tahan terhadap serangan serangga dan cuaca, sehingga kini banyak dipilih sebagai pengganti material kayu. Selain itu, berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh rumah baja ringan.

1. Lebih tahan lama

Jika rangka rumah kayu dapat mudah rapuh diserang rayap, maka hal tersebut tidak akan terjadi pada material baja ringan. Material baja ringan bisa lebih tahan lama, dan bahkan tidak membutuhkan perawatan yang intents. Dalam hal biaya, tentu hal ini menjadikan penggunaan baja ringan lebih hemat.

2. Lebih tahan terhadap karat

Anda tidak perlu memberikan finishing cat pada baja ringan, sebab material ini sudah tahan karat. Meski memiliki keunggulan yang sama dengan stainless steel, namun harga baja ringan jauh lebih murah. Apabila, dibongkar, baja ringan masih memiliki nilai sehingga dapat Anda daur ulang kembali.Berbeda dengan rangka rumah kayu yang tentu semakin lama akan habis dimakan usia. 

3. Proses pemasangan lebih cepat

Anda menginginkan pemasangan rangka atap, kanopi atau lainnya dalam waktu lebih cepat? Dengan material baja ringan Anda bisa mewujudkannya. Baja ringan mudah disambung dengan berbagai jenis sambungan seperti las, baut atau keeling. Hal ini menjadikan pemasangan baja ringan memerlukan waktu yang singkat dan lebih cepat. Baja ringan juga memiliki bobot yang ringan sehingga memudahkan proses pembangunan. Sedangkan rangka rumah kayu tentu memerlukan proses pembangunan yang lebih lama dimana perlu dipotong dengan ukuran yang seragam dan hal-hal lain. 

4. Memiliki sifat yang seragam

Baja ringan diproduksi oleh pabrik dengan standar mutu yang seragam sehingga ukuran dan bentuk baja sama. Sedangkan rangka rumah kayu membutuhkan material kayu yang merupakan hasil alam dengan bentuk dan ukurannya yang berbeda-beda satu sama lain sehingga perlu dibentuk lebih dulu agar seragam.

5. Mendukung program green building

Dengan penggunaan baja ringan Anda mendukung program green building. Sebab tak perlu terjadi penebangan pohon untuk mendapatkan material kayu sebagai bahan bangunan rangka rumah kayu.

baca juga :Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Tentang Rumah Baja Ringan

Beli Baja ringan Ibi Truss

Pemilihan material untuk konstruksi bangunan penting untuk diperhatikan. Pilihlah material baja ringan yang berkualitas, salah satunya yaitu baja ringan ibi truss. Ibi truss jual berbagai macam produk baja ringan dan keperluan rangka atap rumah lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda. Mulai dari kanal, reng, hollow, spandek, genteng hingga berbagai aksesoris yang Anda butuhkan dalam pembangunan rumah.  Kualitas barangnya tidak perlu Anda ragukan dan memiliki harga yang jauh lebih murah. Jadi tunggu apalagi, yuk segera beli baja ringan ibi truss.