LIMA JENIS SEKRUP DAN BAUT YANG SERING DIGUNAKAN DALAM KONSTRUKSI BAJA RINGAN

        Di dalam konstruksi baja ringan, sekrup dan baut merupakan suatu bagian atau komponen yang tidak bisa dipisahkan. Sekrup merupakan sebuah batang logam yang berukuran kecil, alatini memiliki ulir pada bagian batangnya yang berfungsi sebagai perekat untuk menghasilkan daya ikat yang kencang dan kuat. Fungsi utama dari sekrup dan baut yaitu menggabungkan dua objek atau lebih secara bersama-sama, dengan kata lain sekrup dan baut digunakan untuk mengencangkan sambungan secara tidak permanen yakni sambungan yang bisa dibongkar atau dilepas tanpa merusak komponen sambungan itu sendiri dan salah satu contoh sambungan secara permanen adalah pengelasan. Sekrup dan baut sangat mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dengan daya ikat kencang dan kuat membuat benda mungil ini bisa digunakan dimana saja mulai dari perabotan rumah tangga, kendaraan, hingga kebutuhan konstruksi khususnya baja ringan. Dari sekian banyak sekrup dan baut yang beredar di pasaran, berikut ini merupakan 5 jenis sekrup dan baut yang sering digunakan dalam konstruksi baja ringan. Diantaranya :

1. Sekrup GRC

       Sekrup GRC ini memiliki ciri-ciri umum yakni berwarna kuning, memiliki panjang standart serta memiliki ciri khas berupa ujung yang runcing yang berfungsi untuk menembus ke bagian dalam material GRC dengan mudah, dikarenakan material GRC yang memiliki tekstur yang cukup keras. Sekrup GRC sendiri dikenal dengan sebutan Drywall Calsiboard.

2. Sekrup Gypsum

       Sekrup Gypsum ini memiliki ciri berwarna hitam, ukuran panjangnya juga standart, kepala sekrupnya berbentuk plus dan lebih halus daripada sekrup GRC dikarenakan tekstur dari papan gypsum lebih lunak seperti kapur. Sekrup gypsum sendiri terbuat dari baja anti karat agar dapat bertahan lama dalam menghadapi kelembapan udara.

3. Baut Baja Ringan

       Baut baja ringan ini biasanya dapat dijumpai di pemasangan baja ringan Canal-C dan reng. Memiliki ciri khas kepala sekrup yang berbentuk segi enam dan ujung sekrup yang tajam seperti mata pisau ini mampu langsung melubangi Canal-C dan reng dengan lurus. Oleh karena itu sebelum menggunakan sekrup ini pastikan bahwa area yang dipasangi sekrup sudah akurat, jika tidak maka akan beresiko merusak material yang hendak dipakai.

4. Baut Roofing

       Baut roofing hampir sama dengan baut baja ringan yang memilki warna kuning, kepala baut berbentuk segi enam dan di ujung baut juga terdapat semacam pisau. Baut yang dikenal dengan sebutan Self Drilling Screw ini memiliki ciri khas yakni dilengkapi dengan ring karet (rubber seal) yang berfungsi sebagai pencegah terjadinya kebocoran akibat proses pemasangan yang tidak sempurna. Selain itu, ring karet juga berfungsi sebagai penambah kekuatan saat digunakan untuk pemasangan atap.

5. Dynabolt

       Dynabolt atau yang biasa disebut dengan anchor atau baut tanam merupakan suatu komponen yang digunakan untuk menyatukan elemen yang berada pada suatu bangunan. Cara pemasangan dari dynabolt itu sendiri yaitu dengan cara dimasukan ke dalam dinding atau beton yang sebelumnya sudah dilubangi menggunakan mesin bor, selanjutnya selongsong silinder dikencangkan hingga anchor yang sudah berada di dalam beton tersebut akan mengembang sehingga semakin kuat ketika ditarik.

 

Jual Baja Ringan IBI Truss

       Butuh Sekrup dan baut? Atau aksesoris baja ringan lainnya? IBI Truss siap mensupport kebutuhan baja ringan anda . Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507   ,   youtube  dan https://indoberkainvestama.com/.