MENGHITUNG ANGGARAN BIAYA PEMASANGAN ATAP BAJA RINGAN

       Bagaimana cara untuk menghitung biaya pemasangan atap baja ringan? Berapa biaya yang harus disiapkan? Pertanyaan tersebut sering muncul khususnya bagi orang awam yang masih minim pengetahuannya tentang dunia konstruksi baja ringan. Saat ini pengguna baja ringan di Indonesia terus meningkat, hal ini dikarenakan bahan material yang sudah teruji kualitasnya serta pemasangan yang mudah. Selain itu tingkat perawatan yang minim dan harga yang terjangkau menjadi alasan sebagian besar orang lebih memilih baja ringan daripada material lain. Masalah yang sering terjadi adalah masih banyak konsumen atau pemakai baja ringan yang belum tau cara menghitung anggaran biaya pemasangan atap baja ringan sehingga momen seperti ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum penjual nakal untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dengan cara menaikan harga diluar batas kewajaran. Untuk meminimalisir kejadian tersebut maka anda selaku konsumen atau pemakai atap baja ringan wajib tau mengenai cara menghitung anggaran biaya yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan rumah anda. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk mendapatkan perhitungan atau kalkulasi yang tepat. Yang pertama yaitu dengan menyiapkan data bentuk atap yang akan dipasang, bisa berupa sketsa atau gambar dengan tujuan agar bisa diketahui ukuran dan bentuk atap baja ringan yang akan digunakan. Yang kedua, hitung luas atap dengan satuan meter persegi. Rumusnya bisa menggunakan rumus matematika yang biasa dilakukan seperti luas segitiga, trapesium, persegi panjang sesuai dengan bentuk atap yang akan dipasang. Kemudian dilanjutkan dengan menghitung harga per meter persegi baik untuk rangka baja ringannya hingga proses finishingnya seperti menggunakan atap seng, genteng dan sebagainya.

       Setelah beberapa tahapan diatas sudah dilalui, maka sekarang konsumen dapat mengkalikan luas atap dengan harga per meter persegi sehingga dapat ditemukan total biaya yang harus disiapkan nantiya. Perlu diingat juga bahwasannya harus menyiapkan biaya tambahan sebesar 10%-20% dari total perhitungan yang sudah dibuat untuk berjaga-jaga jika ada biaya diluar teknis yang belum terhitung. Contohnya jika atap model pelana yang ukurannya 3,8 meter x 12 meter untuk satu sisi, maka dari sini dapat dihitung bahwa luas keseluruhan atapnya adalah 2 x (3,8 x 12) dan jika di total hasilnya adalah 91,2 meter. Kemudian semisal harga baja ringan sebesar 150.000 rupiah untuk setiap meter peseginya dan finishingnya sebesar 50.000 rupiah maka anggaran yang harus disiapkan adalah (91,2 x 150.000) + (91,2 x 50.000) = 13.680.000 + 4.560.000 = 18.240.000 rupiah ditambah dengan biaya tak terduga 10%-20 % jadi total biaya yang harus disiapkan adalah 20.064.000 rupiah sampai 21.000.000 rupiah. Contoh perhitungan ini merupakan contoh yang paling mudah diterapkan. Agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah lebih baik lakukan survei di beberapa toko bangunan agar anda mendapatkan perbandingan harga yang pas. Tanyakan pula merk serta stadart kualitas baja ringan yang tersedia sehingga anda bisa mendapatkan kualitas yang terbaik dengan harga yang terjangkau.

 

Jual Baja Ringan IBI Truss

       Jadi bagaimana? Sudah paham kan bagaimana menentukan anggaran biaya untuk pemasangan atap baja ringan? Pastikan baja ringan yang anda pakai adalah baja ringan IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan material anda . Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507   ,   youtube  dan https://indoberkainvestama.com/.