Mengenal Sturktur Bangunan Bentang Lebar Dalam Dunia Konstruksi

Kemajuan jaman membawa perkembangan baru pada dunia konstruksi. Kemajuan tersebut telah membawa perubahan besar terutama pada bentuk konstruksi bangunan. Bentuk dari sebuah konstruksi bangunan memang tidak pernah lepas dari inovasi yang dilakukan oleh para arsitek. Mereka terus menciptakan sebuah bangunan-bangunan dengan berbagai model yang unik dan bervariasi, sehingga memunculkan bentuk bangunan yang mempunyai ciri khas tertentu sesuai dengan fungsi dan kegunaan bangunan tersebut. Salah satu hasil dari inovasi tersebut adalah struktur konstruksi bangunan bentang lebar. Sebuah struktur bangunan yang sering digunakan pada bangunan stadion atau arena olahraga, gedung-gedung untuk pertunjukan seni, auditorium hingga hanggar pesawat terbang. Umumnya sebuah bangunan yang mengadaptasi struktur bentang lebar mempunyai tempat yang sangat luas dan tidak ada penyangga atau sekat pemisah. Sahabat IBI pasti bertanya-tanya kan struktur seperti apa sih yang mampu menopang bangunan bentang lebar jika tidak ada tiang penyangga ?  Tenang sahabat IBI, di artikel ini mimin akan mengulas mengenai hal tersebut.

Struktur bangunan bentang lebar adalah struktur bangunan yang membentang sangat lebar dan luas yang bisa berfungsi sebagai ruangan yang bebas tanpa dibatasi oleh kolom dengan ukuran lebar dan panjang yang sangat luas. Tujuan dari bangunan bentang lebar dibuat, untuk digunakan sebagai tempat menyelenggarakan acara atau kegiatan dengan mobilitas tinggi yang memerlukan ruangan yang bebas dan besar tanpa adanya tiang maupun kolom yang membatasi ruang untuk bergerak. Meskipun bangunan ini dibangun tanpa kolom penyangga, struktur bangunan bentang lebar mempunyai proses pembangunan yang rumit. Struktur bangunan bentang lebar tersebut dibangun berdasarkan 4 macam sistem struktur besar, seperti :

1. Form active structure : sistem pembangunan struktur ini secara keseluruhan beban strukturnya ditanggung oleh bentuk struktur tersebut. Sistem ini mempunyai hubungan antara bentuk dan struktur yang dekat serta dapat menghasilkan bentuk unik. Sistem struktur ini juga dibagi dalam beberapa teknik didalamnya, yaitu cable system, tent system, pneumatic system dan arch system.

2. Bulk Active Structure System : sebuah sistem struktur yang bersifat kaku dan padat yang menggunakan material memanjang. Beban dari bangunan tersebut akan dialihkan secara langsung melalui material kolom atau balok. Bulk Active Structure System terdiri dari beam system, frame system hingga beam grid and slab system.

3. Vector Active Structure System : sebuah sistem struktur yang menyalurkan gaya eksternal dari susunan unsur tekan dan unsur tarik secara terus menerus, seperti rangka batang. Teknik pada sistem ini terdiri dari flat truss system, curved truss system dan space truss system.

4. Surface Active Structure System : system struktur yang fleksibel, namun tahan terhadap tekanan serta perubahan gaya. System struktur ini umumnya mempunyai ciri-ciri memakai lengkungan atau lipatan bangun ruang. 

Dari 4 jenis sistem tersebut, bangunan bentang lebar mampu berdiri secara kokoh sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Namun dibalik kokoh dan megahnya bangunan bentang lebar, sahabat IBI mungkin akan bertanya-tanya karena melihat perbedaan dari bangunan bentang lebar tersebut. Ada bangunan bentang lebar yang begitu megah, tetapi ada juga yang terlihat sangat biasa. Hal itu sangat wajar terjadi karena tidak semua bangunan bentang lebar memprioritaskan estetika, namun lebih mengedepankan fungsi atau kegunaan. Berdasarkan hal tersebut, bangunan bentang lebar terdiri dari dua jenis, yaitu :

1. Bangunan bentang lebar sederhana.

Pada proses pembangunan jenis ini, nilai estetika sebuah bangunan tidak menjadi prioritas utama. Sehingga terlihat pada bentuk tampilan bangunan yang terlihat sederhana. Bangunan jenis ini hanya berfokus pada fungsi dan tujuan utama penggunaan gedung tersebut. Contoh penerapan bangunan bentang lebar sederhana bisa ditemui di gedung-gedung atau stadion olahraga.

2. Bangunan bentang lebar kompleks.

Berbanding terbalik dengan bangunan bentang sederhana, bangunan bentang kompleks sangat mengedepankan nilai estetika dari sebuah bangunan. Bangunan bentang kompleks mempunyai sistem pembangunan yang rumit, karena terus dilakukan modifikasi atau pembaruan terhadap teori atau konsep dasar serta perpaduan dari beberapa macam struktur bangunan bentang lebar yang sudah diterapkan guna menghasilkan sebuah bangunan yang unik, mempunyai nilai estetika tinggi, dan ciri khas tertentu sehingga mampu menarik masyarakat untuk berkunjung. Proses pembangunan bentang lebar kompleks membutuhkan waktu yang lama. Contoh penerapan dari bangunan bentang lebar kompleks adalah gedung-gedung pertunjukan seni.

Bagaimana sahabat IBI, sudah terjawab rasa penasarannya ? Sekarang sudah paham kan nama dari bangunan-bangunan megah tersebut. Sekian penjelasan dari kami. Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

 

 

Jual Baja Ringan IBI Truss

       Butuh material rangka atap untuk pembangunan rumah ? Percayakan pada produk IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan baja ringan anda . Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507