Pentingkah Memasang Bouwplank Sebelum Membangun Rumah ?

Membangun rumah memerlukan beberapa tahapan yang harus dilalui. Mulai dari proses pembuatan pondasi hingga tahapan proses finishing. Proses tersebut harus diperhatikan supaya mendapatkan bangunan yang kuat dan kokoh terutama pada proses pembuatan pondasi. Pada pembuatan pondasi, ada proses yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu menggali tanah yang akan dibuat pondasi rumah. Namun, terdapat satu tahapan penting yang biasanya dilakukan oleh para tukang sebelum menggali tanah yaitu memasang papan bouwplank.

Bouwplank adalah sebuah rancangan yang terbuat dari material balok kayu, bambu, atau material lainnya yang dipasang disemua sudut area lahan yang akan dibangun konstruksi rumah. Pemasangan bouwplank ini hanya bersifat sementara. Secara umum, bouwplank berfungsi sebagai pembatas dan penanda yang digunakan untuk menentukan area kerja yang akan dibangun proyek konstruksi bangunan supaya sesuai dengan gambar yang sudah direncanakan sebelumnya. Selain fungsi tersebut, bouwplank juga mempunyai fungsi lain sebagai berikut :

1. Dapat mengatur tata letak pada tahapan pekerjaan selanjutnya.

2. Dijadikan sebagai penentu ukuran sudut bangunan agar tidak terjadi kemiringan waktu proses pembangunan.

3. Sebagai patokan dalam menentukan ukuran panjang, lebar, ketinggian, serta menjadi penentu titik struktur yang satu dengan yang lain.

4. Dijadikan sebagai acuan untuk pemasangan dinding, kolom, dan pondasi.

Berdasarkan fungsi tersebut, bouwplank mempunyai peranan penting dalam konstruksi bangunan. Bouwplank menjadi kunci keberhasilan dari proyek pembangunan konstruksi tersebut. Pemasangan dan pengukuran bouwplank harus dilakukan secara teliti berdasarkan gambar yang sudah dibuat atau direncanakan. Apabila terjadi kesalahan dan perbedaan dalam pemasangan bouwplank, maka akan berakibat fatal dalam kelanjutan proses konstruksi. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum memasang bouwplank seperti dibawah ini :

a. Pemilihan papan kayu untuk bouwplank yang bisa digunakan untuk posisi memasang paku dan mengikat benang.

b. Kedudukan patok yang dipasang harus mempunyai jarak yang cukup dari area galian yang akan dibangun agar bouwplank tidak mudah goyah

c. Sisi bagian atas dari bouwplank harus berada pada satu bidang rata (horizontal) dengan sambungan papan bouwplank yang lain.

d. Saat proses pemasangan bouwplank, papan bouwplank harus menghadap ke arah yang sama (seragam) yaitu menghadap ke arah dalam bangunan.

e. Garis benang yang terdapat pada bouwplank adalah garis tengah (As) yang harus dipasang sejajar dan siku-siku dari rencanan pemasangan dinding batu bata dan pondasi.

f. Saat pemasangan, bouwplank harus dapat menunjukkan titik-titik batas dari bangunan agar bisa dilihat dan dipahami, misalnya dengan menggunakan cat.  

Dari syarat yang sudah ditentukan tersebut, sahabat IBI bisa memulai untuk melakukan pemasangan papan bouwplank. Namun sahabat IBI harus tetap berhati-hati dan teliti dalam melakukan pemasangan bouwplank. Lalu, bagaimana sih cara memasang bouwplank ? Berikut penjelasannya :

1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat bouwplank.

2. Hitung batas dan luas dari bangunan.

3. Buatlah tiang pancang sebanyak 3 – 4 buah dari material kayu, bambu, atau material lainnya.

4. Setelah pembuatan tiang selesai, tancapkan tiang tersebut dengan masing-masing jarak antar tiang 1,5 m.

5. Kemudian, tentukan titik 0 ketinggian pondasi untuk menentukan titik pasang bouwplank. Untuk menentukan titik tersebut, bisa menggunakan alat bantu selang waterpass.

6. Setelah titik pasang bouwplank sudah didapatkan, Tarik benang sesuai dengan ukuran ruang-ruang yang ada didalam bangunan tersebut.

7. Selanjutnya, lakukan pengecekan kembali pada pemasangan bouwplank dan benangnya, apakah ketinggiannnya sudah pas dan sesuai sehingga tidak menimbulkan kemiringan saat bangunan tersebut berdiri. Apabila sudah sesuai, proses pembangunan pada tahapan selanjutnya bisa dilanjutkan.

Bagaimana sahabat IBI, sudah siap untuk menerapkannya pada bangunan rumah anda ? ikuti setiap langkah-langkahnya ya sahabat IBI. Terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

 

 

Jual Baja Ringan IBI Truss

       Butuh material rangka atap untuk pembangunan rumah ? Percayakan pada produk IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan baja ringan anda . Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507