Bingung Memilih Mata Bor Yang Cocok ? Yuk, Pahami Jenis-Jenis Dan Kegunaannya

Mendengar kata bor, pastinya sudah tidak asing lagi bagi sahabat IBI. Alat ini sangat mudah dijumpai dan ditemukan tidak hanya dalam pekerjaan proyek konstruksi besar saja melainkan pekerjaan-pekerjaan kecil dirumah seperti membuat lubang ditembok untuk dipasang hiasan dan lain sebagainya. Bor merupakan salah satu alat yang sering digunakan oleh para tukang untuk membuat lubang maupun memasang baut atau sekrup pada material bahan bangunan. Keberadaan bor sangat membantu para tukang mempermudah pekerjaannya terutama untuk proyek pembangunan sehingga mempercepat pekerjaan.

Dalam menggunakan bor, hal utama yang diperhatikan adalah mata bor. Peran mata bor sangat penting disini, karena menentukan seberapa rapi dan presisi lubang yang dibuat, baik untuk material kayu, plastik, maupun logam. Untuk membuat lubang yang rapi dan presisi dibutuhkan mata bor dengan kualitas yang baik serta sesuai dengan fungsi dan penggunaannya. Berikut adalah jenis-jenis mata bor berdasarkan kegunaannya :

1. Twist Bits : mata bor jenis ini termasuk mata bor yang paling sering digunakan dan ditemui. Janis mata bor ini dapat digunakan untuk membuat lubang pada material kayu, plastik, logam, maupun besi. Selain itu, mata bor twist bits bisa diterapkan pada berbagai jenis mesin bor, seperti mesin bor duduk atau bor tangan baik itu secara horizontal maupun vertical.

2. Auger Bit : mata bor jenis ini mempunyai kegunaan untuk mengebor material-material lunak, seperti material kayu maupun material lunak lain. Bentuk dari mata bor auger bit ini sangat unik yaitu memiliki bentuk ulir tunggal (single flute) yang digunakan pada mesin bor dengan putaran yang rendah serta mempunyai diameter yang besar.

3. Hole Saw Bits : mata bor jenis ini bisa juga disebut dengan mata bor gergaji, karena bentuknya yang menyerupai gergaji. Mata bor ini digunakan untuk melubangi material berbahan kayu dengan hasil ukuran lubang yang cukup besar.

4. Hinge Borring Bit : kegunaan jenis mata bor ini sama seperti mata bor auger bits yaitu untuk mengebor material-material lunak. Namun yang membedakannya adalah lubang yang dihasilkan oleh diameter ini cukup besar dan bisa dibuat cembung atau tembus, serta bisa digunakan dalam putaran mesin hingga kecepatan tinggi.

5. Metal Standar : jenis mata bor ini digunakan untuk mengebor material berbahan kuningan, aluminium, plat besi, dan acrylic. Pada umumnya, metal standar dibagi menjadi dua tipe yaitu HSS (High Speed Steel) dan HSS-Co (Cobalt). Dari 2 tipe tersebut, HSS-Co (Cobalt) mempunyai tingkat kekerasan lebih baik dari HSS biasa. Hal tersebut yang membuat HSS Co (Cobalt) lebih awet dalam penggunaannya sehingga mempunyai harga yang lebih mahal dari HSS tipe biasa. Metal standar mempunyai bentuk silinder yang rata, biasa digunakan pada unit bor duduk, bor tangan, dan mesin proses metal lainnya.

6. Flat Bit : jenis mata bor ini mempunyai bentuk yang pipih rata (flat) dengan diameter yang lebih besar. Mata bor flat bit disarankan untuk dioperasikan dengan menggunakan bor tangan manual karena putarannya yang rendah.

7. Spur Bits : jenis mata bor ini memiliki ciri-ciri ujung yang runcing dan terdapat pisau pengiris dibagian kelilingnya. Ujung runcing tersebut berfungsi untuk menjaga mata bor tetap lurus sehingga hasil lubangnya lurus, presisi, dan halus.

8. Chisel Bit : jenis mata bor ini menghasilkan lubang yang cukup unik yaitu berbentuk kotak. Ujung mata bor jenis ini sangat lurus dalam membentuk persegi dengan ketajaman tinggi. Mata bor ini biasa dioperasikan menggunakan mesin hollow chisel mortise.

9. Masonry Bits : jenis mata bor ini biasa digunakan untuk melubangi material berbahan keras, seperti tembok, beton, hingga batu. Mata bor masonry bit mempunyai mata bor dengan ujung mata pisau tumpul yang dibuat dari bahan yang berkarakter keras. Saat mata bor ini bekerja, mata bor ini tidak hanya bergerak berputar saja tetapi bisa juga sebagai pemukul.

10. Mata Bor Kaca : jenis mata bor ini digunakan untuk melubangi material kaca. Mata bor ini mempunyai bentuk seperti tombak dengan ujung yang runcing. Ujung tersebut dibuat runcing agar saat digunakan untuk mengebor, material kaca tersebut tidak pecah.

Setelah memahami jenis dan kegunaan masing-masing dari mata bor, sahabat IBI tidak boleh salah dalam menggunakannya. Usahakan, mata bor ini bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.

 

 

Jual Baja Ringan IBI Truss

       Butuh material rangka atap untuk pembangunan rumah ? Percayakan pada produk IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan baja ringan anda . Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507