Ingin Mewujudkan Rumah Impian ? Simak Tipsnya

Membangun rumah tidak hanya berfokus pada struktur maupun konstruksi bangunannya saja. Ada hal lain lagi yang mendapatkan fokus lebih dari sang pemilik rumah yaitu membuat desain rumah tersebut. Banyak sekali macam-macam tipe desain rumah yang bisa diaplikasikan di rumah anda. Mulai dari tipe klasik, modern, kontemporer, hingga yang sedang trend saat ini model minimalis. Membuat dan menentukan desain rumah bukan hal yang mudah terutama untuk sahabat IBI yang sudah mempunyai keluarga. Banyak sekali ide atau konsep yang dipilih dari sudut pandang berbeda sehingga seringkali menemukan jalan buntu dalam menentukan desain rumah. Selain ide atau konsep, pemilihan ornamen untuk semakin mempercantik rumah juga harus dipikirkan apakah sudah sesuai dengan konsep yang sudah ditentukan.

Secara umum, desain sebuah rumah menentukan kepribadian dari sang pemilik. Pemilik rumah berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan hal tersebut. Desain rumah yang tepat dan sesuai dengan keinginan akan membuat sang pemilik rumah semakin betah berlama-lama tinggal dirumah apalagi terdapat tempat atau spot khusus pribadi. Maka, pemilik rumah akan membuat desain secara khusus untuk tempat tersebut yang difungsikan sebagai tempat privasi atau sekedar tempat untuk melepas penat sesuai dengan yang mereka inginkan. Bahkan mereka akan mempersiapkan dana khusus guna mewujudkan impian tersebut. Tetapi, dana khusus tersebut juga akan membengkak ketika kita tidak menggunakannya sesuai dengan tujuan awal.

Hal tersebut disebabkan karena banyak sekali bertebaran promo-promo menarik dari barang-barang yang akan mengisi rumah anda dan pemilihan desain yang sering berubah-ubah. Untuk hal pemilihan ornament, biasanya akan banyak barang-barang yang tidak terlalu mempunyai fungsi penting dalam rumah anda. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, mimin kasih sedikit tips buat sahabat IBI untuk mendesain rumah supaya rumah impian kalian bisa terwujud. Dan yang paling penting adalah dana yang digunakan tidak berlebih. Yuk simak tipsnya dibawah ini :

1. Fokuskan ruang sesuai dengan fungsinya.

Tips pertama ini sangat wajib untuk diketahui oleh si pemilik rumah secara keseluruhan. Jika sahabat IBI tidak focus pada fungsi utama ruangan tersebut dan terlalu banyak menaruh furniture atau perabotan, maka ruangan akan terlihat penuh dan sempit. Sehingga tidak ada space yang tersisa untuk bisa difungsikan lagi, terlebih bila sahabat IBI mengadakan kegiatan atau acara dirumah.

2. Gunakan dekorasi yang tidak berlebihan atau secukupnya saja.

Dalam hal ini, sahabat IBI harus bisa mengatur dan memilih area atau ruang mana yang akan diletakkan dekorasi tertentu supaya ruangan tidak terlalu rame dengan dekorasi-dekorasi tersebut. Penggunaan dekorasi yang berlebihan akan menimbulkan kesan yang sedikit mengganggu pandangan. Jadi sahabat IBI harus menyesuaikan dekorasi rumah dengan konsep yang sudah dibuat.

3. Pilih dan gunakan furniture yang multifungsi.

Penggunaan furniture yang multifungsi dapat menghemat banyak ruangan, sehingga membuat rumah terlihat lebih luas dan lapang. Selain itu, menggunakan furniture yang multifungsi juga sedikit menghemat biaya yang dikeluarkan.

4. Meminimalisir penggunaan sekat.

Terlalu banyak menggunakan sekat didalam ruangan, akan membuat ruangan menjadi sempit. Terutama bagi sahabat IBI yang menerapkan konsep rumah minimalis. Hal tersebut wajib untuk dihindari, karena rumah minimalis sangat mengutamakan ruang.

5. Atur penerangan dan sirkulasi secara maksimal

Dalam mendesain rumah, jangan pernah melewatkan untuk mengatur pencahayaan dan sirkulasi secara cukup. Apabila dua elemen tersebut tidak terpenuhi secara cukup, maka rumah anda akan terlihat lembab, pengap, dan kusam. Sistem penerangan atau pencahayaan yang baik akan membuat rumah anda terlihat hidup dan terhindar dari kesan suram. Sedangkan, sirkulasi udara yang baik akan membuat rumah anda mendapatkan asupan udara yang cukup serta berdampak langsung pada kesehatan.

6. Memilih warna cat finishing dengan tepat.

Pemilihan warna cat untuk finishing disarankan untuk menggunakan warna-warna netral atau warna terang. Jangan gunakan warna-warna gelap sebagai cat finishing rumah anda. Begitu pula jika anda memilih wallpaper sebagai pengganti cat. Sebisa mungkin hindari tema wallpaper yang terlalu ramai dengan motif. Pilih wallpaper dengan motif yang sederhana sesuai dengan desain dan furniture yang digunakan.

Nah, bagaimana sahabat IBI sudah siap untuk mendesain rumah impian kalian ? Jika sudah siap, sahabat IBI bisa menghubungi kami di nomor 087854844507 untuk mempercayakan kebutuhan material rumah anda. Produk-produk IBI Truss mempunyai harga yang kompetitif dengan kualitas dan mutu terjamin. IBI Truss solusi tepat kebutuhan material rumah anda.