Tips Hemat Renovasi Ulang Rumah

Setiap tahun ketika ada hari-hari penting seperti menyambut hari raya idul fitri, menyambut hari natal, maupun menyambut perayaan tahun baru, sahabat IBI pasti berpikiran untuk merenovasi ulang rumah kan. Selain itu, adanya rasa bosan yang muncul dari dalam diri sahabat IBI dengan nuansa rumah yang itu-itu saja secara tidak langsung mendorong munculnya ide untuk merenovasi ulang rumah. Merenovasi ulang rumah memang dijadikan sebagai alternatif pilihan utama oleh setiap orang untuk menghadirkan nuansa baru dirumahnya serta membuat rumah yang sudah usang menjadi lebih modern. Nuansa baru tersebut dinilai mampu menjadi tambahan semangat bagi sang pemilik rumah sehingga semakin betah dan nyaman untuk berlama-lama dirumah.

Namun, merenovasi ulang rumah tidak semudah itu dilakukan. Banyak hal yang harus dipikirkan dalam merenovasi ulang rumah terutama soal anggaran yang akan digunakan. Persoalan tersebut sudah menjadi hal umum bagi setiap orang yang ingin merenovasi ulang rumah. Karena biaya yang dibutuhkan memang tidak sedikit apalagi renovasi tersebut menjadikan rumah lama nampak terlihat modern. Untuk menghindari membengkaknya biaya yang dibutuhkan, perhatikan tips merenovasi ulang rumah dibawah ini supaya mendapatkan rumah yang diinginkan dan tetap low budget :

1. Tentukan skala prioritas.

Sebelum melakukan renovasi ulang rumah, langkah awal yang harus anda buat adalah menentukan skala prioritas. Langkah tersebut bertujuan untuk menentukan sudut ruang mana yang menjadi prioritas utama untuk direnovasi ulang. Hal itu bisa dilakukan dengan mengecek kondisi bangunan, seperti tembok, cat, furniture, dekorasi dan lain-lain. Pembuatan skala prioritas dapat membantu kita untuk menentukan anggaran yang akan digunakan. Manfaat lain membuat skala prioritas adalah supaya kita lebih berfokus pada tujuan awal sehingga tidak mudah terpengaruh.

2. Lakukan riset.

Setelah menentukan skala prioritas, tahapan selanjutnya adalah melakukan riset. Di tahap ini, anda harus mengecek sendiri secara langsung harga dari setiap barang yang akan digunakan untuk merenovasi ulang rumah baik itu secara online maupun offline. Seperti, material, furniture dan dekorasi, jasa tukang dan kontraktor, serta barang penunjang lainnya. Usahakan anda mencari harga terendah dari setiap barang yang dibutuhkan dari tempat yang berbeda. Apabila terdapat promo menarik dari toko tersebut, anda bisa memanfaatkannya dengan bijak supaya tidak tergiur dengan promo-promo yang ditawarkan.

3. Buat perencanaan anggaran biaya.

Langkah selanjutnya adalah membuat anggaran biaya. Dari riset harga yang sudah didapat, kita bisa membuat dan menentukan besar anggaran biaya yang dibutuhkan untuk renovasi. Perencanaan anggaran biaya termasuk hal yang paling krusial dan paling penting, sehingga harus dihitung dan dibuat secara cermat dan teliti supaya tidak terjadi over budget. Selain menghitung biaya renovasi rumah, anda juga harus menghitung biaya yang tak terduga selama proses renovasi rumah. Untuk mengantisipasinya, anda bisa melebihkan anggaran tersebut sebesar 10 hingga 20 persen dari total anggaran secara keseluruhan.

4. Memanfaatkan barang yang sudah ada.

Saat renovasi ulang rumah, tidak semua barang dan dekorasi lama harus diganti dengan yang baru. Barang dan dekorasi lama pun masih bisa dimanfaatkan dengan baik asalkan kondisinya masih layak dan masih bisa untuk diperbaiki. Alternatif lain yang bisa digunakan adalah membuat DIY dari barang-barang tersebut untuk menjadi barang yang nampak seperti baru. Memanfaatkan barang yang sudah ada dapat menghemat pengeluaran biaya.

5. Atur ulang tata letak furniture dan dekorasi ruang.

Setelah rumah selesai direnovasi, jangan lupa untuk menata ulang kembali dekorasi dan furniture rumah anda supaya terlihat seperti baru. Selain menata ulang furniture dan dekorasi, memperbarui pencahayaan ruangan juga dapat mengubah suasana lama menjadi suasana baru. Anda juga bisa memadukan terangnya lampu dengan dekorasi yang sudah ada untuk mencipatakan area spotlight tertentu.

Itulah tips untuk merenovasi ulang rumah. Hal yang paling penting untuk digaris bawahi saat merenovasi ulang rumah adalah sesuaikan dengan anggaran yang sudah anda buat. Jangan paksakan jika anggaran yang digunakan terlalu berlebih apalagi kurang. Anda bisa melakukan renovasi ulang secara bertahap. Jika anda menganut sebuah trend untuk merenovasi rumah, pastikan sesuai dengan kondisi keuangan dan tingkat kenyamanan anda. Jadi, jangan terburu-buru dalam melakukan renovasi ulang rumah. Pikirkan secara matang dan bijak ya sahabat IBI.

 

 

Jual Baja Ringan IBI Truss

       Butuh material rangka atap untuk pembangunan rumah ? Percayakan pada produk IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan baja ringan anda . Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507