BIJAK MEMILIH MATERIAL ATAP, SIMAK TIPSNYA

Membangun sebuah hunian, memang dibutuhkan biaya yang cukup besar. Mulai dari biaya proses pembangunan hingga proses finishing dan dekorasi. Bahkan sebisa mungkin biaya yang kita keluarkan tidak melebihi anggaran yang sudah ditentukan. Dengan biaya yang terbatas tersebut, kita dituntut untuk memilih material yang tepat terutama untuk atap rumah. Menentukan material atap rumah memang penting dilakukan agar rumah yang ditempati terasa nyaman dan terlihat estetik ketika dipandang. Mengingat fungsi atap rumah sebagai penutup dan pelindung rumah dari cuaca panas, hujan, terpaan angin maupun menambah nilai keindahan. 

Dalam memilih jenis atap rumah pun memang tidak boleh dilakukan sembarangan. Setiap prosesnya harus dipikirkan secara cermat dan teliti. Karena atap yang ideal bisa mengurangi resiko runtuh atau roboh. Berdasarkan hal tersebut, ada beberapa tips yang akan mimin bagikan pada sahabat IBI untuk memilih material atap yang tepat bagi rumah kalian. Berikut adalah tipsnya :

1. Sesuaikan dengan kondisi cuaca dan lingkungan.

Dalam memilih material atap rumah, pastikan material yang dipilih sesuai dengan kondisi cuaca dan lingkungan yang anda tinggali. Hal itu dikarenakan, pemilihan atap yang tidak sesuai dapat membuat atap rumah cepat rusak sehingga menambah beban biaya tambahan untuk perbaikan. Contohnya, jika kalian tinggal didaerah pesisir, maka tidak disarankan untuk menggunakan material atap berbahan galvalum, seng, dan metal. Dikarenakan dapat menyerap panas sehingga udara didalam ruangan akan terasa panas. Sedangkan, untuk kalian yang tinggal didaerah pegunungan atau dataran tinggi, atap berbahan galvalum, seng, dan metal sangat cocok untuk digunakan didaerah tersebut.

2. Pertimbangkan bahan material yang akan dipakai.

Mempertimbangkan jenis material yang digunakan wajib dipahami oleh si pemilik rumah. Pemilihan tersebut harus dipertimbangkan secara matang, apakah material yang sudah digunakan itu sudah sesuai dengan desain dan rangka yang sudah dibuat sebelumnya serta tidak mengurangi sisi estetikanya. Karena di era saat ini, banyak sekali pilihan material atap mulai dari beton, metal, keramik, kaca, galvalum, dan lain-lain. Setiap jenis material tersebut mempunyai karakteristik beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

3. Pertimbangkan kerangka atap yang digunakan.

Sebelum atap tersebut dipasang, terlebih dahulu anda harus mempersiapkan kerangka atapnya. Rangka tersebut harus dibuat dengan baik supaya kuat dan kokoh untuk menopang atap. Jika rangka yang disusun tidak bisa menopang atap dengan baik, maka atap tersbut tidak bisa bekerja secara maksimal. Jadi, selain memilih jenis material untuk atap, tentukan juga rangka atapnya. Untuk pemilihan rangka atap yang kuat dalam jangka waktu yang lama, dan tidak mudah keropos akibat rayap, pilih rangka atap berbahan baja.

4. Cara pemasangan.

Selain mempertimbangkan jenis materialnya, anda juga harus mempertimbangkan cara pemasangan atap tersebut. Proses pemasangan atap yang rumit, dapat membutuhkan waktu lebih lama, serta jika terjadi kerusakan anda tidak bisa memperbaikinya secara mandiri. Sehingga dibutuhkan tenaga ahli untuk membantu proses perbaikan. Tetapi, jika anda memilih material yang pemasangannya tidak butuh waktu lama dan tidak terlalu membutuhkan tenaga ahli, tentu saja anda bisa memperbaiki secara mandiri ketika terjadi kerusakan pada atap.

5. Kualitas produk

Pilihlah material atap yang sudah terjamin mutu dan kualitasnya. Dengan mutu dan kualitas yang terjamin, material atap tersebut akan bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah lapuk atau rusak. Atau anda bisa meminta rekomendasi dari tenaga ahli untuk menentukan dan memilih material atap dengan kualitas yang terjamin.

6. Perawatan mudah.

Setelah cara memasangnya yang mudah, cara perawatannya juga harus mudah yaa. Karena atap juga sama seperti bagian-bagian lain rumah yang harus dirawat agar semakin tahan lama. Selain itu, perawatan yang mudah tidak akan menyulitkan kalian ketika membersihkannya.

7. Pertimbangkan anggaran

Tips terakhir ini tidak kalah pentingnya dengan tips yang lain yaitu mempertimbangkan anggaran. Untuk tips terakhir ini, anda harus lebih selektif dan bijak lagi dalam berbelanja material atap rumah. Setiap jenis material atap mempunyai range harga yang bervariasi. Jadi, ada baiknya lakukan riset terlebih dahulu sebelum membelinya.

Nah, setelah mengikuti tips diatas, sahabat IBI tidak perlu ragu dan risau lagi untuk memilih material atap yang tepat. Percayakan produk material atap anda pada IBI Truss. Kami menyediakan material untuk atap rumah seperti, spandek, bondeck, genteng, dan lain-lain. Produk-produk IBI Truss sudah terjamin mutu dan kualiltasnya. Yuk, segera hubungi layanan customer service kami untuk info lebih lanjut di nomor 087854844507.