MENGENAL JENIS BANGUNAN BESERTA FUNGSINYA

Seiring berkembangnya zaman dan semakin meningkatnya pertumbuhan masyarakat, semakin pula meningkatnya proyek-proyek konstruksi bangunan. Sehingga membuat pekerjaan konstruksi tidak bisa dipisahkan atau jauh dari kehidupan manusia sampai kapanpun. Hal tersebut menyebabkan banyak sekali bermunculan bangunan-bangunan baru untuk didirikan dan dimanfaatkan secara penuh oleh masyarakat. Secara umum, bangunan diartikan sebagai sebuah konstruksi hasil karya buatan manusia yang didirikan disuatu tempat secara permanen yang terdiri dari atap, kuda-kuda, ring, kolom, dinding, pondasi dan sloof. Biasanya bangunan dibangun dari berbagai macam bahan material seperti batu, semen, pasir, baja, beton, kayu, besi, dan lain-lain.

Dari hasil karya tersebut menghasilkan sebuah bangunan dengan berbagai bentuk, jenis, dan manfaatnya masing-masing. Berikut merupakan jenis-jenis bangunan berdasarkan fungsinya masing-masing :

a. Berdasarkan fungsinya :

1. Bangunan penginapan.

Bangunan yang fungsinya hampir mirip dengan rumah, yaitu sebagai tempat beristirahat. Bedanya, bangunan ini digunakan hanya dalam kurun waktu yang sementara atau singkat saja. Bangunan penginapan ini dibangun hampir menyerupai rumah dengan berbagai fasilitasnya. Dikarenakan semakin seringnya orang-orang melakukan perjalanan jauh baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan pekerjaan. Contoh dari bangunan penginapan adalah hotel, villa, cottege, motel, wisma, dan lain-lain.

2. Bangunan tempat tinggal.

Bangunan jenis ini dibangun untuk difungsikan sebagai tempat tinggal secara penuh atau dalam jangka waktu yang lama. Bangunan tempat tinggal dibangun dalam berbagai model dan bentuk mulai dari yang kecil hingga besar, minimalis hingga modern, serta lantai satu hingga lantai 2 atau lebih. Contoh dari bangunan tempat tinggal adalah rumah, apartemen, mess, rumah susun (rusun), kos-kosan, dan kontrakan.

3. Bangunan komersial.

Jenis bangunan ini dibangun untuk difungsikan sebagai tempat yang mendukung aktifitas komersial, yang didalamnya terdapat sebuah transaksi. Biasanya bangunan komersial dibangun oleh si pemilik usaha secara mandiri disuatu tempat atau disebuah komplek perniagaan lengkap di lokasi yang strategis. Contoh dari bangunan komersial adalah toko, perbankan, pasar, pusat perbelanjaan (mall, supermarket, minimarket), dan perkantoran.

4. Bangunan cagar budaya dan hiburan.

Bangunan cagar budaya umumnya sebuah jenis bangunan yang mempunyai nilai arsitektur berusia tua (puluhan bahkan ratusan tahun) karena berisi peninggalan atau warisan bersejarah dari nenek moyang. Bangunan cagar budaya dibangun untuk melestarikan peninggalan-peninggalan kuno dan bersejarah. Bangunan ini termasuk jenis bangunan yang paling sering mendapatkan perhatian lebih dari pihak pemerintah karena nilai sejarahnya yang tinggi. Contoh bangunan cagar budaya adalah candi, museum, benteng, dan keraton. Sedangkan, bangunan hiburan merupakan sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat untuk sarana menciptakan hal yang menghibur dan melepas penat serta sebagai tempat untuk berwisata. Contoh bangunan jenis ini adalah taman, bioskop, wahana bermain, dan lain sebagainya.

5. Bangunan peribadatan.

Sebuah bangunan yang dibangun untuk membantu memenuhi kebutuhan komunikasi secara personal antara manusia dengan Tuhan. Bangunan ini berfungsi untuk acara keagamaan dan tempat beribadah masing-masing umat sesuai dengan keyakinan yang dianutnya. Contoh dari bangunan peribadatan adalah masjid, klenteng, pura, gereja, dan vihara.

6. Bangunan transportasi.

Sebuah bangunan yang dibangun dan didirikan untuk digunakan secara umum atau bersama-sama guna memudahkan masyarakat untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Bangunan transportasi juga dilengkapi dengan fasilitas dan sarana penunjang lainnya untuk memudahkan masyarakat menggunakan alat transportasi tersebut. Contoh dari bangunan transportasi adalah terminal, stasiun, bandara, halte, dan pelabuhan.

7. Bangunan sarana pendidikan.

Bangunan jenis ini dibangun untuk memfasilitasi masyarakat dalam hal mendapatkan ilmu pengetahuan. Bangunan sarana pendidikan umumnya dibangun oleh pemerintah atau yayasan yang bergerak dan peduli dengan bidang pendidikan. Contoh bangunan sarana pendidikan adalah sekolah, universitas, perpustakan, dan laboratorium penelitian.

8. Bangunan kesehatan.

Bangunan ini merupakan jenis bangunan yang dibangun karena fungsinya sebagai tempat untuk memberikan pelayanan kesehatan secara penuh kepada masyarakat. Bangunan kesehatan dilengkapi dengan fasilitas penunjang kesehatan yang memadai dan modern sesuai dengan perawatan masing-masing dari pasien. Contoh dari bangunan jenis ini adalah rumah sakit, puskesmas, klinik, apotek, serta pusat rehabilitasi dan terapi,

9. Bangunan pemerintahan dan layanan publik.

Sesuai dengan namanya, bangunan ini menjadi tempat untuk pemerintah menjalankan tugas dan kewajibannya untuk melayani public dalam hal pengurusan, perijinan, pengaduan, dan lain-lain. Jenis bangunan ini bersifat umum dan terbuka sehingga bisa diakses oleh siapapun. Contoh bangunan jenis ini adalah kantor dinas, kantor pemerintahan (kecamatan, kelurahan, balai desa, gedung MPR/DPR/DPD), kantor polisi, kantor pajak, dan lain-lain.

10. Bangunan industri.

Jenis bangunan ini dibangun dengan tujuan untuk mengolah atau memproses sebuah produk dari bahan mentah menjadi bahan jadi. Bangunan industri dilengkapi dengan fasilitas berstandar tinggi untuk menunjang kualitas produk yang dihasilkan serta menjamin keselamatan kerja bagi para pekerja. Contoh dari bangunan industri adalah pabrik, kilang minyak, peternakan, dan lain sebagainya

Dari jenis-jenis bangunan diatas, hampir semua jenis bangunan tersebut terdapat di Indonesia. Semua jenis bangunan tersebut sudah dibangun dan tersebar di seluruh daerah. Jadi, manfaatkan dengan baik bangunan-bangunan tersebut sesuai dengan fungsinya ya sahabat IBI. Jangan sampai membuat bangunan-bangunan tersebut menjadi rusak terutama bangunan cagar budaya. Tetap jaga dan lestarikan hingga generasi penerus kita.

 

 

 

Jual Baja Ringan IBI Truss

       Butuh material rangka atap untuk pembangunan rumah ? Percayakan pada produk IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan baja ringan anda . Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507