INGIN MEMBANGUN RUMAH DI TANAH MIRING ? SIMAK TIPS BERIKUT

Pada umumnya, membangun sebuah rumah pasti dibangun di tanah yang landai dan rata serta berada di lokasi yang strategis. Sebisa mungkin menghindari membangun rumah di tanah yang miring karena berbagai pertimbangan. Namun, ada beberapa orang yang memilih untuk membangun rumah di kontur tanah yang miring. Kontur tanah yang miring seringkali ditemui di daerah dataran tinggi seperti lereng gunung dan perbukitan. Saat ini, cukup banyak orang membangun rumah di daerah perbukitan dengan kontur tanah yang miring. Biasanya, pembangunan rumah tersebut tidak hanya difungsikan untuk tempat tinggal pribadi saja melainkan juga difungsikan untuk kegiatan komersial terutama akses yang dilalui berdekatan dengan tempat wisata. Selain difungsikan untuk komersial, terdapat keuntungan lain membangun rumah di tanah miring yaitu :

1. Nilai jual rumah bisa melambung tinggi, apabila rumah mempunyai nilai estetika yang tinggi.

2. Rumah akan mempunyai bentuk yang unik dan menjadi pusat perhatian setelah proses pembangunan selesai.

3. Harga beli tanah yang lebih murah dibanding dengan tanah di permukaan yang rata dan landai.

4. Mempunyai nilai seni yang tinggi karena proses pengerjaannya yang cukup rumit.

Dari keuntungan tersebut, apakah sahabat IBI tertarik untuk membangun rumah di tanah yang miring ? Apabila sahabat IBI tertarik, sahabat IBI harus membuat perhitungan yang teliti dan berkonsultasi dengan para ahli. Karena pada dasarnya, membangun rumah di tanah miring sama halnya dengan membangun rumah di tanah landai atau datar. Namun ada beberapa tips nih, yang mesti sahabat IBI simak sebagai panduan sebelum membangun rumah di tanah miring. Berikut adalah tipsnya :

1. Perhatikan kualitas tanah.

Dalam membangun rumah di tanah yang miring, anda harus memperhatikan kualitas tanah di area yang akan didirikan bangunan. Karena, mayoritas kualitas tanah di daerah miring cenderung bertekstur lembab dan tidak stabil. Padahal, untuk membangun sebuah rumah, dibutuhkan tanah yang padat. Selain itu, tekstur yang lembab dan tidak stabil berpotensi mengalami longsor. Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus menggali informasi dengan warga sekitar atau para ahli mengenai kualitas tanah tersebut.    

2. Perhatikan tingkat kemiringan pada tiap sisinya.

Poin ini sangat penting untuk dihitung dan diteliti secara tepat dan akurat, karena mempengaruhi konstruksi bangunan yang akan didirikan. Anda juga harus melihat dan memperhitungkan posisi jalan dan bangunan yang ada disekitar. Setelah itu, anda bisa berdiskusi dengan arsitek rumah anda untuk menentukan desain apa yang cocok diterapkan.

3. Buatlah desain dengan bangunan bertingkat.

Membangun rumah di tanah yang miring disarankan untuk mendesain rumah secara bertingkat. Hal tersebut dikarenakan, desain bertingkat mampu membuat konstruksi bangunan menjadi lebih kuat serta mampu mengurangi biaya pengurukan tanah. Apabila terdapat perbedaan tinggi pada permukaan di setiap ruang bisa dihubungkan menggunakan tangga yang landai.

4. Harus mempunyai pondasi yang kuat.

Pondasi yang kuat merupakan kunci utama setiap konstruksi sebuah bangunan terutama pada bangunan di tanah miring. Dengan mempunyai pondasi yang kuat, struktur bangunan yang berdiri akan lebih kokoh dan stabil. Pondasi yang sering digunakan untuk membangun konstruksi di tanah yang miring yaitu batu kali, tiang pancang, dan strauss tergantung pada beban bangunan yang didirikan.

5. Buatlah dinding penahan.

Membangun rumah di tanah miring, anda dianjurkan untuk membangun dinding penahan yang diletakkan di area belakang rumah. Dinding penahan dibuat supaya semakin memperkuat dan memperkokoh bangunan agar tidak mudah runtuh ketika terjadi bencana longsor maupun hal-hal lain. Dinding penahan biasanya terbuat dari material batu kali atau batu belah. Membangun dinding penahan, hanya mampu mencapai ketinggian maksimal 2 meter

Jadi, sudah siap untuk membangun rumah di tanah yang miring ? Pastikan saat membangun rumah menggunakan material yang sudah terjamin dan terbukti kualitasnya ya sahabat IBI, seperti produk-produk dari IBI Truss. Produk dari IBI Truss sudah terbukti mempunyai kualitas terbaik dibidangnya. Produk-produk unggulan dari IBI Truss diproduksi dengan peralatan yang memadai, sehingga terjamin kualitasnya. Tunggu apa lagi, segera hubungi layanan customer service kami di nomor  087854844507 untuk informasi lebih lanjut.