MEMAHAMI MIXED USE BUILDING DAN JENISNYA

Melihat bangunan gedung-gedung tinggi menjadi pemandangan biasa bagi kalian yang tinggal di perkotaan. Bahkan salah satu dari kalian ada yang menetap sekaligus berkegiatan di gedung-gedung tersebut. Pasti kalian bertanya-tanya kan, kok bisa ya satu gedung mempunyai banyak fungsi ? Simak penjelasan di bawah ini ya sahabat IBI, untuk menjawab rasa penasaran kalian.

Pembangunan gedung-gedung tinggi tersebut dibangun oleh para arsitek yang bekerja sama dengan developer atau pengembang awalnya untuk membantu mengatasi masalah dalam hal tempat tinggal. Hal tersebut dikarenakan sangat terbatasnya lahan yang dimiliki diwilayah tersebut. Seiring berjalannya waktu, bangunan gedung tinggi tersebut mengalami penambahan fungsi lain untuk mendukung kegiatan mobilitas masyarakat. Sehingga bangunan tersebut mempunyai lebih dari satu kegiatan yang akhirnya disebut dengan mixed use building. Mixed use building adalah sebuah konstruksi bangunan dengan konsep multifungsi yang saling berkaitan, berhubungan, dan terpadu satu sama lain. Jadi, mixed use building merupakan sebuah bangunan yang mampu mengakomodasi semua kegiatan masyarakat mulai dari tempat tinggal, komersial, hingga pekerjaan dalam satu gedung.

 Namun, tidak semua bangunan-bangunan tinggi tersebut tergolong bangunan mixed use building ya sahabat IBI. Ada beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa bangunan tersebut tergolong mixed use building. Berikut adalah ciri-cirinya :

1. Terdiri dari 3 fungsi atau lebih.

Sesuai dengan namanya, bangunan ini mempunyai lebih dari 3 fungsi atau kegunaan untuk memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan manusia. Bangunan ini tidak hanya diperuntukkan untuk tempat tinggal saja, melainkan juga bisa difungsikan sebagai perkantoran, hiburan, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.

2. Setiap bangunannya saling terintegrasi dan tersinergi satu sama lain.

Setiap bangunan yang berada dalam satu bangunan tersebut sangat terintegrasi dan tersinergi satu sama lain baik itu secara fisik maupun fungsional. Semua fungsi bangunan yang ada mudah untuk di akses dan dijangkau satu sama lain.

3. Memiliki kelengkapan fasilitas yang tinggi.

Tidak heran bahwa mixed use building mempunyai fasilitas yang sangat lengkap di dalamnya. Hal itu dikarenakan fungsi bangunan ini yang lebih dari satu, sehingga orang-orang yang tinggal dan berkegiatan di tempat tersebut sangat dimudahkan dalamkegiatan mobilitasnya sehari-hari.

4. Mempunyai pergerakan yang efisien.

Dalam mixed use building, semua jenis bangunan yang ada sudah tertata dan dikelompokkan masing-masing sesuai dengan fungsinya. Sehingga, memudahkan pergerakan orang-orang untuk menjangkaunya.

5. Mempunyai jalur pedestrian sendiri.

Setiap bangunan mixed use building selalu dilengkapi dengan jalur pedestrian yang nyaman dan ramah bagi pejalan kaki. Dikarenakan semua fasilitas yang disediakan di kawasan mixed use building mudah diakses tanpa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi sehingga dibuatlah jalur pedestrian.

Dari ciri-ciri tersebut, sahabat IBI sudah bisa kan membedakan mana mixed use building atau bukan ? Setelah sahabat IBI bisa membedakannya, sahabat IBI juga harus tahu jenis-jenis dari mixed use building tersebut. Di bawah ini adalah beberapa jenis mixed use building :

1. Mixed use building pedestrian

Sebuah jenis mixed use building yang mempunyai bangunan dengan beberapa fungsi jalur untuk pejalan kaki. Umumnya, fungsi bangunan jenis ini disusun secara bebas yang dihubungkan dengan jalur on-ground, jembatan udara, maupun jalur lainnya.

2. Mixed use building mega structure

Sebuah jenis mixed use building yang dibangun dengan konsep struktur tunggal. Fungsi dari mixed use building mega structure disusun secara vertikal karena setiap lantainya mempunyai fungsi yang berbeda-beda

3. Mixed use building tower

Merupakan bangunan yang terdiri dari beberapa fungsi bangunan yang disusun dalam satu podium. Fungsi-fungsi bangunan tersebut ditempatkan pada lapisan-lapisan dalam menara yang disusun diatasnya. Pada umunya, mixed use building tower termasuk pada golongan high rise building.

4. Mixed use combination

Jenis mixed use building yang dalam penerapannya mengkombinasikan ketiga jenis mixed use building sebelumnya.

Dengan ciri-ciri dan berbagai macam jenis mixed use building tersebut, semakin hari semakin banyak masyarakat untuk memilih mixed use building menjadi tempat untuk investasi jangka panjang dalam hal tempat tinggal. Karena terdapat beberapa keuntungan yang ditawarkan sehingga memudahkan kegiatan mereka sehari-hari. Berikut adalah beberapa keuntungan tersebut :

1. Dapat mempermudah mobilitas kegiatan yang dilakukan inividu menjadi lebih efisien dan efektif.

2. Mampu mendorong tumbuhnya berbagai macam kegiatan yang beragam di suatu tempat yang terpadu.

3. Membantu memperbaiki sistem sirkulasi.

4. Menjadi pendorong pemisah yang jelas antar sistem transportasi.

5. Dapat memberikan kerangka yang luas dalam merancang bangunan dan juga lingkungan

Bagaimana sahabat IBI, sudah terjawab rasa penasarannya ? Memang konsep awal dibangunnya mixed use building supaya memudahkan kegiatan mobilitas masyarakat sehari-hari dan bisa dilakukan secara efisien. Di surabaya sendiri, sudah banyak berdiri bangunan-bangunan mixed use building yang tidak hanya berdiri di pusat-pusat kota saja tetapi sudah merambah ke daerah pinggiran kota.

 

 

Jual Baja Ringan IBI Truss

       Butuh material rangka atap untuk pembangunan rumah ? Percayakan pada produk IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan baja ringan anda . Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanal, reng, spandek, genteng metal, genteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507