PENGERTIAN DAN MANFAAT WATERPROOFING

Sebelum memasuki musim hujan, sahabat IBI harus mulai untuk melakukan pengecekan pada setiap sudut bangunan rumah kalian. Pastikan apakah bangunan rumah anda sudah siap untuk memasuki musim penghujan yang rawan terjadinya bocor dan rembes. Untuk mempersiapkan itu semua, sahabat IBI perlu mempersiapkan sebuah teknik yang dinamakan waterproofing. Waterproofing berasal dari kata bahasa inggris “waterproof” yang berarti anti air atau tahan air. Secara etimologi, waterproofing berarti tindakan untuk kebal dan tahan pada air dan cuaca. Jadi, waterproofing adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk mencegah terjadinya masuknya air atau kebocoran pada bangunan dengan cara mengaplikasikan bahan pelapis anti bocor. Dengan mengaplikasikan waterproofing pada bangunan, kalian akan mendapatkan segudang manfaat pada bangunan. Berikut adalah manfaatnya :

1. Mencegah dinding lembab, lapuk, dan berjamur.

Dinding yang terus-terusan terkena rembesan maupun cipratan air semakin lama akan semakin berjamur, lembab, dan lapuk. Jika hal tersebut terus menerus dibiarkan, maka dinding tersebut akan rusak semakin parah sehingga sangat rentan untuk roboh. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkanlah penggunaan waterproofing pada dinding. Penggunaan waterproofing pada dinding akan meminimalisir kerusakan dinding akibat faktor tersebut.

2. Menjaga atap rumah untuk tahan lama dan awet.

Atap merupakan bagian dari rumah yang rawan terjadi kebocoran. Hal tersebut menyebabkan masuknya air hujan ke dalam rumah hingga merembes pada dinding bangunan. Maka dari itu, kalian harus menggunakan waterproofing untuk menghindari kebocoran tersebut sehingga atap akan lebih awet, tahan lama, serta meminimalisir biaya maintanance.

3. Membuat lantai anti rembes dan licin.

Selain atap rumah, lantai juga termasuk area basah yang rentan akan sumber rembesan air. Lantai tersebut biasanya terletak di area dapur, kamar mandi, toilet, dan lainnya. Bila rembesan-rembesan tersebut dibiarkan dan tidak segera diperbaiki, maka area disekitar akan lembab dan rusak serta membuat lantai menjadi licin sehingga berbahaya saat digunakan. Cara jitu untuk mencegah kejadian tersebut adalah menggunakan waterproofing.

4, Dapat menambah nilai bangunan atau properti.

Penerapan waterproofing pada bangunan mampu meningkatkan nilai properti yang anda miliki. Hal tersebut dikarenakan bangunan yang sudah menggunakan sistem waterproofing tidak akan bermasalah dengan kebocoran. Menambahkan waterproofing pada bangunan juga salah satu cara untuk merawat bangunan supaya lebih awet dan tahan lama.

5. Meminimalisir resiko terjadinya renovasi.

Salah satu cara untuk meminimalisir resiko terjadinya renovasi adalah dengan menerapkan waterproofing pada bangunan. Dengan menerapkan waterproofing akan berdampak besar terutama pada sisi eksterior bangunan maupun sisi dekorasi yang berada didalamnya.

Bagaimana sahabat IBI sudah mulai mempersiapkan untuk menerapkan teknik waterproofing di rumah ? Jika sudah siap, sahabat IBI harus menentukan terlebih dahulu jenis apa yang cocok diterapkan. Di bawah ini adalah beberapa jenis waterproofing :

1. Waterproofing Membrane (Lembaran)

Jenis waterproofing ini yang pertama kali dikembangkan. Waterproofing membran mempunyai bentuk seperti gulungan atau lembaran. Pada umumnya, waterproofing jenis ini diaplikasikan untuk atap beton maupun dak. Berdasarkan bahannya, waterproofing jenis ini dibedakan mempunyai dua jenis yaitu, fiber dan polyester. Dari dua bahan tersebut, bahan polyester tergolong lebih mahal dari fiber karena mempunyai daya tahan yang lebih kuat. Untuk proses pemasangannya, waterproofing membran cukup rumit sehingga membutuhkan bantuan tenaga ahli untuk memasangnya.

2. Waterproofing Coating

Merupakan salah satu jenis waterproofing yang proses pengaplikasiannya dengan cara memberikan lapisan kedap air berbentuk cairan menyerupai cat. Waterproofing coating seringkali diaplikasikan untuk toilet, kamar mandi, dapur basah, dinding, dan lain-lain. Pada jenis waterproofing ini, ada dua jenis sistem coating yaitu secara internal dan eksternal. Waterproofing coating secara internal yaitu metode waterproofing yang lapisan kedapan airnya pada tempat-tempat tersembunyi seperti, kamar mandi, kolam renang, toilet, dan lain-lain. Sedangkan, waterproofing coating secara eksternal yaitu metode waterproofing yang lapisan tahan airnya di area yang terkena sinar matahari atau di area luar ruangan (outdoor) seperti atap dan genteng.

3. Waterproofing Integral (Beton Integral)

Merupakan jenis waterproofing yang tujuannya menciptakan beton kedap air. Pada pengerjaannya, waterproofing integral cukup praktis dan mudah karena waterproofing jenis ini terbuat dari beton integral yang mengandung tambahan zat concrete admixture bubuk dan cairan sehingga menjadikan beton tahan air dan tidak mudah retak. Biasanya, waterproofing jenis ini seringkali digunakan untuk melindungi struktur bagian luar beton dari matahari atau faktor cuaca lainnya seperti, tembok basement dan kolam renang.

4. Waterproofing Crystallising

Salah satu jenis waterproofing yang pengaplikasiannya bisa dilakukan langsung pada permukaan beton atau bisa juga langsung mencampurkannya pada adonan beton sebelum diaplikasikan. Waterproofing Crystallising cocok digunakan untuk dinding beton dan lantai yang mempunyai tekanan air tinggi seperti, basement, tunnel, ground tank, kolam dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan waterproofing Crystallising mempunyai komponen aktif yang bereaksi dan meresap ke dalam pori-pori beton sehingga mempunyai tingkat ketahanan air yang baik.

5. Waterproofing Flashband Self Adhesive.

Merupakan jenis waterproofing yang metode perlindungan rembesan airnya menggunakan flashband atau lembaran dua lapis. Lembaran lapisan tersebut terdiri dari lembaran karet dan alumunium foil. Pada lapisan pertama berfungsi untuk perekat, sedangkan pada lapisan kedua berfungsi untuk menahan terjadinya kebocoran supaya air tidak merembes atau masuk.

Dari penjelasan diatas, waterproofing sangat berperan penting dalam bangunan. Penerapan waterproofing sangat dianjurkan untuk pencegahan terhadap kerusakan yang diakibatkan adanya kebocoran dan rembesan air secara terus menerus. Selain itu, waterproofing juga termasuk salah satu teknik yang digunakan untuk merawat bangunan supaya tahan lama dan awet. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan waterproofing pada bangunan rumah kalian ya sahabat IBI.

 

 

Jual Baja Ringan IBI Truss

       Butuh material rangka atap untuk pembangunan rumah ? Percayakan pada produk IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan baja ringan anda . Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanal, reng, spandek, genteng metal, genteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507