Perbedaan Atap Aluminium Zinc Spandek dan Bondek

Saat memasuki sebuah toko baja ringan, Anda akan mendapati berbagai macam produk baja ringan yang memiliki fungsi dan kegunannya masing-masing. Ada produk baja ringan untuk kebutuhan konstruksi atapan, plafon, partisian  dan lainnya. Salah satunya yaitu atap aluminium zinc spandek. Produk baja ringan yang memiliki bentuk hampir serupa dengan spandek yaitu bondek. Jangan sampai Anda salah memilih antara keduanya. Lalu apa perbedaan antara atap aluminium zinc spandek dan bondek?

Mengenai Atap Alumium Zinc Spandek

Tak jarang orang menyebut atap spandek sebagai atap aluminium atau atap zincalume. Atap spandek merupakan jenis atap yang terbuat dari bahan aluminium dan zinc dengan perbandingan komposisi yaitu aluminium 55%, zinc 43% dan silicon 2%. Komposisi campuran bahan tersebut menjadikan atap aluminium zinc spandek kokoh, awet dan mudah dibentuk. Selain itu, atap spandek memiliki bagian permukaan  yang mudah ditempeli cat sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan desain atap untuk manufaktur dan juga bangunan.

Di pasaran, terdapat beberapa ukuran ketebalan atap aluminium zinc spandek  yaitu 0.3, 0.35, 0.4, 0.45 dan 0.5 mm dengan ukuran lebar yang bervariasi. Atap aluminium zinc spandek memiliki daya tahan yang awet, bahkan sanggup bertahan hingga 20 tahun lebih. Selain itu, bahan zinc dan aluminium yang menjadi pelapisnya menjadikan atap spandek bersifat  anti karat.

Namun di sisi lain, spandek kurang pas jika diaplikasikan untuk hunian rumah Anda. Atap aluminium zinc spandek terbuat dari logam yang bersifat mengahntarkan panas dengan baik atau daya serap terhadap sinar matahari baik, sehingga hunian terasa lebih gerah. Kemudian, ketebalannya yang terbilang tipis, menjadikan Anda perlu berhati-hati dalam pemasangan atap aluminium zinc spandek agar tidak gampang melengkung misalnya saat terinjak.

baca juga : Atap Zincalume Galvalum, dan Bedanya dengan Galvanis

 Mengenai Bondek

Atap aluminium zinc spandek umumnya digunakan untuk atap bangunan, sedangkan bondek diaplikasikan untuk lantai. Bondek merupakan plat lapisan baja yang dilapisi dengan galvanis sehingga menjadikan strukturnya kokoh. Pemasangan bondek saat ini menjadi sebuah solusi konstruksi yang lebih hemat pada pekerjaan pembesian maupun bekisting lantai yang bertingkat. Selain menjadikan waktu pengerjaan lebih singkat, penggunaan aplikasi bondek juga mampu menghemat 30% biaya pengecoran dak.  Kelebihan lain yang dimiliki yaitu lebih tahan lama sebab dilapisi anti karat serta bagian bawah plat yang terjamin rapi. JIka Anda menggunakan system konvensional bekisting playwood atau triplek pasti terdapat resiko beton retak atau keropos.

Kemudian, bondek juga memiliki fungsi ganda yaitu sebagai bekisting tetap dan tulangan positif searah. Untuk ukurannya, bondek tersedia pada ketebalan tct 0.75 sampai tct 1mm dengan panjang sesuai dengan kebutuhan. Panjang maksimalnya 12 meter. Dari banyak kelebihan yang dimiliki tersebut, kelemahan dari aplikasi bondek yaitu memerlukan pengaturan yang baik dan juga rapi agar tidak banyak sisa bahan bondek yang terbuang dan bondek tidak bisa diterapkan di sisi tepi gedung atau plat lantai kantilever.

Beli atap aluminium zinc spandek dan bondek Ibi Truss

Anda sedang mencari atap aluminium zinc spandek dan bondek berkualitas SNI? Ibi Truss adalah solusi untuk ANda. Ibi Truss merupakan salah satu merk baja ringan terpercaya yang menyediakan berbagai macam kebutuhan baja ringan mulai dari kanal, reng, hollow, atap aluminium zinc spandek, bondek dan masih banyak lagi. Produk baja ringan berkualitas SNI dengan harga yang lebih terjangkau untuk konstruksi bangunan Anda. Jangan percaya pada produk tiruan. Jadilah pembeli yang cerdas !