APA ITU FOCAL POINT ?

Berbicara mengenai desain rumah memang tidak akan habisnya. Semakin hari semakin banyak desain-desain baru bermunculan sehingga membuat dunia desain dan arsitektur pun berkembang secara dinamis. Salah satu ide dari hasil perkembangan tersebut adalah menonjolkan salah satu sisi dalam ruangan yang disebut dengan focal point. Focal point seringkali dihadirkan oleh seorang desainer untuk mempertegas dan meningkatkan nilai estetika dari sebuah ruangan. Focal point adalah suatu elemen visual yang menonjol dan mampu menarik perhatian daripada elemen lainnya. Elemen-elemen dari focal point dapat berupa karya seni, furniture, lampu gantung, tanaman hias, cat pada dinding, penggunaan warna maupun material plafon yang mencolok, serta cermin. Tujuan dari focal point adalah untuk mempertajam suatu ruangan agar lebih mencolok, tetapi tidak mempengaruhi maupun mengganggu fungsi utama dari ruang tersebut.

Dalam menentukan focal point sebenarnya tidak ada batasan. Namun, alangkah baiknya tidak berlebihan dalam menentukannya. Kalian bisa meletakkan minimal satu titik focal point dan maksimal tiga titik focal point pada satu ruangan. Hal itu dikarenakan supaya ruangan tersebut tetap berfungsi maksimal dan unsur keseimbangan didalam ruangan tetap terjaga. Terlebih lagi jika ruangan tersebut memiliki keterbatasan. Meskipun ada batas minimal dan maksimal dalam menentukan focal point, tidak ada aturan secara mutlak dalam menentukan jumlah focal point dalam sebuah ruangan.

Bagaimana, sudah mendapatkan jumlah focal point yang akan kalian gunakan ? Jika sudah sebelum memulai mengerjakannya, yuk simak penjelesan tipsnya terlebih dahulu dibawah ini :

1. Tentukan letak focal point

Didalam sebuah ruangan, pasti mempunyai beberapa sisi yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi letak focal point. Untuk menentukan focal point tersebut, kalian bisa menentukannya berdasarkan fungsi dan bentuk ruangannya. Menentukan focal point berdasarkan fungsinya dapat dilakukan karena ruangan yang mempunyai berbagai fungsi bisa mempunyai beberapa focal point yang masih terdapat unsur penyatuannya. Sehingga kalian bisa dengan mudah mengaturnya. Sedangkan menentukan focal point yang ditentukan bentuk ruangnya, biasanya setiap ruangan mempunyai empat sisi. Pada salah satu sisi tersebut bisa kalian jadikan sebagai focal point.

2. Tentukan jumlah focal point dalam ruangan

Berdasarkan penjelasan yang sudah diatas, tidak ada batasan mutlak untuk menentukan jumlah focal point. Tetapi yang perlu digarisbawahi adalah jangan terlalu berlebihan dalam meletakkan focal point. Untuk mendapatkan jumlah focal point yang pas, kalian bisa menerapkan teknik the rule of three yaitu dengan menghadirkan tiga titik fokus untuk menjadi pembeda dari fungsi masing-masing ruang atau sisi. Teknik ini dapat diterapkan pada ruangan yang cukup luas. Sementara, untuk ruangan dengan luas terbatas cukup menaruh satu atau dua focal point saja.

3. Tidak perlu takut untuk bermain warna

Memadukan warna dalam desain sebuah ruangan memanglah tidak mudah dan tidak bisa sembarangan. Karena, perpaduan warna yang tepat dapat menghasilkan focal point yang eye catching. Cara untuk menghasilkan focal point yang eye catching adalah dengan memberi warna yang lebih kontras pada sisi yang akan dijadikan sebagai focal point. Cara lainnya, kalian juga bisa memadukan berbagai macam kombinasi warna cat rumah. Apabila kalian bingung untuk menentukannya, kalian bisa menjadikan colour palette sebagai referensi.

4. Kombinasikan perpaduan antara dekorasi dengan furniture

Tips terakhir untuk mendapatkan focal point yang eye catching adalah mengkombinasikan antara dekorasi dan furniture dengan menonjolkan salah satu sisinya untuk dijadikan focal point. Misalnya, kalian ingin menjadikan ruang tamu kalian menjadi tempat meletakkan focal point. Kalian bisa mengkombinasikan dekorasi dinding dengan lampu hias di ruang tamu.

Dari penjelasan diatas, keberadaan focal point dinilai penting keberadaannya dalam sebuah ruangan. Mengingat konsep utama dari focal point yaitu menjadi fokus dalam ruangan sehingga membentuk persepsi keseluruhan mengenai ruangan tersebut. Tetapi, kalian juga tidak boleh terlalu berlebihan dalam mengaplikasikannya.



Jual Baja Ringan IBI Truss
       Butuh material rangka atap baja ringan serta rangka plafon untuk membangun rumah anda? Percayakan pada IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan material anda. Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507   .