MEMAHAMI ISTILAH FOYER

Istilah foyer memang masih sangat asing terdengar di masyarakat Indonesia. Namun, di luar negeri foyer sudah banyak diterapkan. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya orang beranggapan bahwa foyer sama saja dengan teras rumah. Padahal, foyer sendiri terletak didalam area rumah. Lantas, apa sih sebenarnya foyer itu ?

Foyer adalah sebuah ruang atau area transisi yang menjadi penghubung antara pintu masuk dengan ruangan bagian dalam rumah. Tetapi seiring berjalannya waktu, foyer dianggap sebagian orang sebagai ruang masuk ke area dalam rumah, lorong masuk rumah, pintu masuk rumah, bahkan ruang depan rumah. Jadi, bisa dikatakan, foyer tidak hanya dilintasi saat masuk rumah saja, tetapi foyer juga merupakan tempat untuk menyambut kedatangan tamu yang datang ke rumah. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai fungsi foyer :  

1. Ruang peralihan

Fungsi pertama dari foyer adalah sebagai ruang peralihan atau ruang perantara. Ruang ini berguna untuk mengalihkan pandangan orang ke area dalam rumah

2. Ruang Penerima.

Fungsi yang kedua adalah sebagai ruang penerima. Umumnya, ruangan ini digunakan untuk menerima tamu yang datang berkunjung dan mengobrol dalam waktu singkat saja. Sehingga, alangkah baiknya kalian menyediakan kursi di area tersebut.

3. Penjaga Privasi

Fungsi yang ketiga ini adalah berguna untuk menjaga dan membatasi penglihatan orang ke dalam rumah secara langsung ketika berkunjung. Berdasarkan hal tersebut foyer mampu menjaga area privasi pemilik rumah sehingga si pemilik rumah menjadi lebih nyaman dalam beraktivitas.

4. Sebagai Tempat Penyimpanan.

Foyer juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Kalian bisa meletakkan rak atau lemari berukuran kecil dengan konsep terbuka untuk menyimpan sepatu maupun sandal. Selain itu, kalian juga bisa meletakkan gantungan baju untuk menggantung jaket, topi, mantel atau coat, serta kunci mobil.

5. Penambah Estetika

Selain fungsi diatas, foyer juga mampu menambah nilai estetika pada sebuah rumah. Foyer mampu membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik dan mampu memberikan kesan impresi yang positif bagi tamu yang datang berkunjung. Untuk membuat tampilan foyer lebih menarik, kalian bisa meletakkan aksesoris-aksesoris lucu maupun dekorasi unik di area ini.

Dengan banyaknya fungsi yang didapat dari penggunaan foyer, pasti kalian tertarik kan untuk menerapkan foyer dirumah kalian. Nah, sebelum menerapkannya ada beberapa tips praktis untuk membuat foyer. Berikut adalah tipsnya :

1. Tentukan letak dari posisi foyer

Dalam menentukan letak posisi foyer, tidak selalu berbentuk ruangan. Foyer juga bisa dibangun dengan area semi terbuka. Untuk menentukan posisi foyer tidak hanya diletakkan di depan rumah saja. Melainkan, foyer juga dapat diletakkan di area dekat pintu samping maupun pintu belakang, dekat balkon di lantai 2, atau diletakkan antara ruang-ruang utama, seperti ruang keluarga atau ruang tamu.

2. Tentukan ukuran area foyer

Setelah mendapatkan posisi yang tepat untuk membuat foyer, langkah selanjutnya adalah menentukan ukuran area foyer. Tentukan ukuran area foyer dengan tepat dan akurat. Buat ukuran foyer sesuai dengan kapasitas ruangan yang dimiliki.

3. Tentukan fungsi foyer yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Selain posisi dan ukuran yang ditentukan, kalian juga harus menentukan akan difungsikan sebagai apa foyer tersebut. Karena, berdasarkan penjelasan diatas, foyer mempunyai beberapa fungsi. Jadi, tentukan fungsi foyer sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

4. Sesuaikan interior foyer dengan bagian rumah lainnya

Umumnya, foyer diletakkan didepan rumah sehingga selalu mendapatkan perhatian dari orang. Maka dari itu, dalam mendesain foyer harus sesuai dan berkesinambungan dengan desain interior ruangan secara keseluruhan supaya terlihat serasi. Jangan sampai terjadi ketidakserasian antara desain foyer dengan desain interior keseluruhan ruangan.

5. Buat sistem ventilasi dan pencahayaan yang memadai

Walaupun terletak dekat teras rumah, foyer juga harus mempunyai ventilasi dan pencahayaan yang memadai. Usahakan area foyer mempunyai jendela dan ventilasi yang jumlahnya cukup banyak agar sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik.

6. Tambahkan partisi di area foyer

Fungsi foyer adalah sebagai pemisah antara ruang pribadi dan ruang private. Untuk itu dibutuhkan partisi sebagai pemisah tersebut. Bangunan partisi ini dapat berupa pintu, dinding, rak pajangan, kaca, dan jalusi kayu.

7. Lengkapi foyer dengan furniture yang tepat

Dalam hal ini, pilihlah furniture yang mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar supaya foyer tidak mempunyai kesan sempit. Pilihlah furniture-furniture yang dengan ukuran mungil serta multifungsi. Sesuaikan pemilihan furniture dengan kebutuhan agar area foyer tidak terkesan sumpek.

Itulah penjelasan singkat mengenai foyer. Meskipun keberadaannya masih sangat awam di Indonesia, kalian bisa menjadikan foyer sebagai salah satu referensi desain untuk rumah supaya terlihat lebih menarik.



Jual Baja Ringan IBI Truss
       Butuh material rangka atap baja ringan serta rangka plafon untuk membangun rumah anda? Percayakan pada IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan material anda. Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507   .