YUK, PAHAMI KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ATAP DATAR

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi di industri konstruksi, berbagai macam model dan jenis atap mulai bermunculan. Salah satu hasil perkembangan tersebut adalah flat roof atau atap datar. Flat roof atau yang biasa disebut dengan atap datar adalah salah satu jenis atap yang keseluruhan bagiannya rata atau datar. Atap datar saat ini sedang diminati oleh masyarakat. Bentuknya yang sederhana dan simpel mampu menghasilkan kesan yang modern dan mewah ketika digunakan. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan atap datar, pahami terlebih dahulu masing-masing kelebihan dan kekurangannya. Dibawah ini adalah penjelasannya :  

A. Kelebihan

1. Pemasangan dan perawatan yang mudah

Dengan mempunyai bentuk yang datar, atap jenis ini sangat mudah untuk dilakukan pemasangan daripada atap jenis lainnya. Bentuk datar tersebut juga memudahkan untuk melakukan perawatan. Karena, atap datar mudah untuk dinaiki atau diakses. Sehingga cukup mudah dan aman jika ingin melakukan perawatan maupun perbaikan pada atap.

2. Menghemat waktu dan biaya

Biaya yang dikeluarkan ketika menggunakan atap datar lebih mudah dan lebih terjangkau dari jenis atap lainnya. Hal itu dikarenakan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat atap datar lebih sedikit, sehingga bisa menekan biaya konstruksi. Selain dari segi biaya, waktu pemasangan atap datar juga cukup mudah sehingga bisa mempersingkat waktu.

3. Multifungsi atau serbaguna

Atap datar merupakan jenis atap yang multifungsi dan serbaguna. Atap jenis ini dapat dimanfaatkan sebagai tambahan ruangan dirumah. Misalnya, kalian dapat memanfaatkan penggunaan atap datar sebagai balkon, ruang untuk bersantai, tempat menjemur pakaian, hingga tempat untuk bercocok tanam.

4. Mempunyai desain yang menarik dan modern

Dibandingkan dengan atap lainnya, atap datar mempunyai daya tarik arsitektur tinggi. Tampilannya yang simpel sangat cocok untuk diterapkan pada hunian masa kini dengan konsep modern dan minimalis. Sehingga penggunaannya mampu menambah nilai estetika dari sebuah hunian.

Dari banyaknya kelebihan yang didapatkan, terdapat beberapa kekurangan dari atap datar yang juga harus diketahui sebagai antisipasi. Berikut adalah penjelasannya :

B. Kekurangan

1. Rawan terjadi kebocoran

Karena bentuknya yang datar dan tidak ada kemiringan sama sekali, atap jenis ini sangat rawan terjadi kebocoran terutama ketika musim hujan datang. Air hujan yang turun dari atap tidak bisa langsung turun kebawah, melainkan air hujan akan menggenang di atap. Dengan kondisi tersebut, lama kelamaan mampu membuat atap menjadi bocor. Maka dari itu, ketika pemasangan lakukanlah dengan tepat.

2. Berpotensi roboh atau runtuh

Sebelum menggunakan atap datar, pastikan terlebih dahulu ukuran luas dari rumah kalian. Dikarenakan, atap datar ini kurang cocok digunakan pada bangunan rumah yang cukup lebar. Sebab, semakin lebar atap datar yang digunakan, maka tingkat kestabilan dari atap lebar akan berkurang. Hal ini tentu akan memicu potensi terjadinya roboh ketika adanya gempa bumi, hujan yang disertai angin kencang dan badai.

3. Tidak tahan terhadap perubahan suhu

Penggunaan atap datar mampu menimbulkan permasalahan ketika terjadi perubahan suhu. Ketika musim panas tiba, atap datar lebih mudah untuk menyerap panas karena hampir keseluruhan permukaannya terkena sinar matahari sepanjang hari. Sehingga menyebabkan cuaca didalam ruangan terasa lebih panas. Sedangkan ketika musim hujan tiba, rawan terjadi kebocoran.

Bagaimana sahabat IBI, sudah siap untuk menggunakan atap datar sebagai atap rumah ? Jika sudah, lakukan pemasangan atap datar dengan tepat ya sahabat IBI. Tetap konsultasikan pemasangan tersebut pada ahlinya. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahan material yang berkualitas untuk rangka atap dan atap anda. IBI Truss adalah solusinya. IBI Truss menyediakan material rangka atap dan material atap yang sudah terjamin kualitasnya. Segera hubungi layanan customer service kami di nomor 087854844507 untuk mendapatkan informasi dan penawaran menarik.

 

 

Jual Baja Ringan IBI Truss
       Butuh material rangka atap baja ringan serta rangka plafon untuk membangun rumah anda? Percayakan pada IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan material anda. Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507   .