CARA MUDAH MEMASANG BAJA RINGAN KE TEMBOK

Saat ini, baja ringan sudah semakin banyak dan populer digunakan oleh masyarakat. Kekuatan dan ketahanannya menjadi nilai lebih dari material lainnya. Selain itu, baja ringan juga mempunyai harga yang terjangkau serta materialnya yang kuat dan tahan lama. Oleh karena itu, baja ringan dipilih sebagai material utama pada bangunan. Umumnya, penggunaan baja ringan seringkali diterapkan pada rangka atap. Namun, penggunaan baja ringan juga bisa diterapkan di dinding lho. Hal itu dikarenakan struktur baja ringan tahan terhadap cuaca dan suhu sehingga tidak mudah berkarat. Lantas, seperti apa cara pengaplikasian baja ringan ke tembok ? Simak tips dibawah ini :

a. Persiapkan alat dan material yang digunakan

Sebelum memulai pengerjaan, persiapkan terlebih dahulu alat-alat termasuk alat pelindung diri dan material yang akan digunakan. Pastikan alat-alat dan material yang digunakan sudah sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

b. Ukur dinding yang akan digunakan

Tentukan terlebih dahulu ukuran dinding yang digunakan. Hitung ukuran panjang dan tinggi dinding untuk dijadikan patokan ukuran baja ringan yang akan disusun dan dipasang. Ketika menentukan ukuran dinding, jangan lupa untuk menyesuaikan ukurannya dengan tinggi dan luas ruangan yang ada. Hal itu dikarenakan supaya baja ringan dapat berdiri dengan kuat dan kokoh bersama penyangganya. Selain itu, diarea lantai juga harus diberi area (space) sebagai tempat pemasangan tiang.

c. Bersihkan dinding

Setelah ukuran dinding ditentukan, mulailah untuk membersihkan dinding yang sudah diukur. Bersihkan semua kotoran yang menempel pada dinding. Pastikan tidak ada lagi sisa-sisa kotoran yang menempel karena bisa mengganggu jalannya proses pemasangan. Cara membersihkannya pun cukup mudah, yaitu dengan menggunakan kain kering atau basah yang diusapkan ke dinding secara perlahan.

d. Pastikan dinding sudah siap pasang.

Di tahap ini, pastikan dinding sudah dalam keadaan siap pasang. Jangan sampai ada dinding dengan kondisi cacat, seperti retak rambut, berlubang, lapuk atau berjamur, hingga basah akibat plester. Jika masih menjumpai kondisi tersebut, sebaiknya menunda untuk melakakukan proses pemasangan dan segeralah untuk memperbaiki kondisi tersebut. Apabila memaksa untuk mengerjakan dengan kondisi dinding yang belum siap, maka pemasangan baja ringan tidak akan bertahan lama. Jadi, pastikan dinding yang digunakan dalam kondisi sudah siap untuk dipasang.

e. Buatlah kerangka atau pola desain pada dinding

Setelah memastikan dinding sudah siap dipasang, mulailah untuk membuat kerangka atau pola pada dinding. Buatlah kerangka atau pola sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai dengan luas ukuran dinding yang sudah ditentukan. Tujuan dari pembuatan kerangkan atau pola ini supaya saat memulai pemasangan tidak mengalami kesulitan.

f. Rangkai baja ringan

Kerangka atau pola sudah dibuat, selanjutnya memulai proses untuk merangkai baja ringan. Rangkailah baja ringan sesuai dengan kerangka atau pola yang sudah dibuat dengan benar dan tepat. Setelah rangkaian sudah terbentuk, lakukan pengecekan rangka baja ringan yang sudah dibuat. Apabila ada rangkaian pemasangan yang kurang tepat dan tidak sesuai dengan pola, segera perbaiki rangkaian tersebut. Untuk mendapatkan hasil rangkaian baja ringan yang benar dan tepat, gunakanlah sekrup yang sesuai dengan fungsinya.

g. Memulai pemasangan.

Setelah rangkaian sudah terbentuk, langkah selanjutnya adalah mulai pemasangan rangka baja ringan ke tembok. Pada proses ini, dibutuhkan ketelitian untuk memasangnya supaya hasilnya sesuai dengan yang diinginkan. Dibawah ini adalah langkah-langkah pemasangannya :

1. Siapkan alat dan material yang digunakan seperti, sekrup, bor, palu, serta rangka baja ringan.

2. Buat tanda pada dinding yang sudah diukur.

3. Lubangi tanda di dinding tersebut menggunakan bor listrik.

4. Setelah dinding dilubangi, jangan lupa juga untuk melubangi rangka baja ringan dengan ukuran yang sama.

5. Pasang rangka baja ringan pada dinding yang sudah dilubangi menggunakan sekrup (dynabolt) atau paku beton. Umumnya, ukuran yang digunakan untuk sekrup (dynabolt) adalah 8 mm dan 10 mm. Sedangkan, untuk ukuran paku beton menggunakan ukuran 1” – ¼ “. Ketika pemasangan pada sekrup (dynabolt) atau paku beton berikan jarak pada masing-masing lubang sekitar 60 cm – 1 m.

6. Rekatkan dan kencangkan sekrup dengan bor hingga keseluruhan rangkanya tertutup. Ulangi langkah tersebut sampai membentuk pola rangkaian yang sudah dibuat.

7. Lakukan pengecekan kembali pada rangka baja ringan yang sudah terpasang. Apakah pemasangannya sudah tepat atau belum. Jika belum tepat kencangkan kembali sekrup hingga rangka baja ringan bisa menempel dengan kokoh dan kuat pada dinding.

Itulah tips dan langkah-langkah mengaplikasikan baja ringan ke tembok. Pastikan kalian melakukan langkah-langkah tersebut dengan benar dan tepat ya sahabat IBI. Jika kalian membutuhkan baja ringan untuk rangka dinding, IBI Truss solusinya. IBI Truss menyediakan material baja ringan untuk rangka atap dan rangka dinding yang sudah terbukti dan terjamin kualitasnya. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi layanan customer service kami di nomor 087854844507.

 

 

Jual Baja Ringan IBI Truss
       Butuh material rangka atap baja ringan serta rangka plafon untuk membangun rumah anda? Percayakan pada IBI Truss. IBI Truss siap mensupport kebutuhan material anda. Untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi, selain anti karat dan anti rayap juga memiliki bobot yang ringan, Baja ringan IBI Truss tersedia dalam berbagai jenis ketebalan dan ukuran sesuai kebutuhan atap anda. Ada kanalrengspandekgenteng metalgenteng metal pasir, metal stud, u runner , bondeck, hingga berbagai macam aksesoris yang medukung pembangunan seperti baut, dynabolt dan lainnya. Yuk belanja baja ringan IBI Truss di outlet-outlet resmi kami. Tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di 087854844507   .