Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Tentang Rumah Baja Ringan

Saat ini aplikasi baja ringan populer dijadikan bahan alternatif rangka atap menggantikan bahan kayu. Kelebihan yang dimiliki baja ringan yaitu lebih tahan lama, tahan karat dan juga anti rayap. Meski begitu, baja ringan yang dimiliki masing-masing produsen tentu saja memiliki kualitas spesifikasi dan kekuatan yang berbeda-beda. Sayangnya hal ini belum disadari oleh masyarakat yang selalu menilai  bahwa semua produk baja ringan mempunyai kualitas yang sempurna dengan mengabaikan kualitas baja ringan yang didapatkan dan bahkan system pemasangannya. Maka dari itu, masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang benar mengenai rumah baja ringan.

Salah satu hal yang penting diperhatikan adalah standar pemasangan baja ringan. Rumah baja ringan  menjadi kokoh sebab adanya system kesatuan dan bukan material bangunan yang berdiri sendiri. Jangan hanya karena menekan harga lantas Anda membeli baja ringan secara batangan dan bukan sistem terpasang. Tidak adanya pengawasan bahan, pemasangan di lokasi proyek dan juga aplikator bisa beresiko pada konstruksi bangunan.  Berikut ini merupakan hal-hal penting yang perlu Anda ketahui tentang baja ringan.

1. Jenis profil baja ringan galvalum

Di pasaran Indonesia, ada tiga jenis baja ringan yaitu profil head section atau U terbalik dengan kaki, profil Z dan profil C. Ketiga profil baja ringan ini memiliki sambungan dan kelebihan yang berbeda-beda. Profil head section memiliki dua kaki sebagai penumpu dan sambungannya berada pada sisi kakinya. Kestabilan yang dimiliki juga lebih baik. Sedangkan profil C memiliki bentuk dan aplikasi yang cukup efisien untuk membangun rumah baja ringan serta harga yang lebih terjangkau. 

2. Kekuatan Baja ringan

Ketebalan yang dimiliki lembaran baja ringan umumnya berkisar 0.65 – 1mm. Kekuatan baja ringan galvalum yang disyaratkan yaitu 550 Mpa atau 550 kg/m2 sedangkan di kemasan umumnya ditulis G550. Namun tidak semua produk baja ringan yang mencantumkan kode G550 memiliki kekuatan yang sesuai. Untuk memastikannya dibutuhkan uji lab, maka pilihlah produsen baja ringan galvalum yang terpercaya dan sudah berkompeten untuk kontruksi rumah baja ringan Anda. Indoberka Investama menjadi salah satu produsen baja ringan yang terpercaya. Produk baja ringan Ibi Truss memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

3. Terdapat lapisan anti karat

Baja ringan dilapisi oleh lapisan anti karat yang merupakan suatu komponen penting. Ketika membangun sebuah konstruksi rumah baja ringan yang perlu Anda ketahui setiap merk baja ringan memiliki jenis pelapis yang berbeda-beda, ada yang berupa galvalum, galvanis (zinc), zincalume (kombinasi aluminum, zinc dan silicon) serta ZAm ( kombinasi zinc, aluminum dan magnesium). Perbedaan jenis lapisan ini mempengaruhi ketahanan baja ringan atau galvalum pada zat lain seperti larutan asam, garam dan juga larutan basa. Masing-masing jenis lapisan juga memiliki ketebalannya sendiri, umumnya memiliki tebal 100-150gr/m2. Kode yang tertulis yaitu AZ100 dimana angkanya menyesuaikan dengan kadar ketebalan yang dimiliki. Semakin tipis lapisannya, maka lapisan anti karatnya semakin mudah rusak sehingga baja ringanpun lebih mudah bersentuhan dengan oksigen dan mengalami korosi. Umumnya angka AZ tidak lebih dari 100.

baca juga : Aplikasi Baja Ringan yang Baik Agar Tidak Cepat Berkarat

Beli baja ringan galvalum Ibi Truss

Bingung mencari baja ringan yang berkualitas dan terpercaya untuk konstruksi rumah baja ringan Anda? Anda tak perlu bingung. Indoberka Investama merupakan salah satu produsen terpercaya yang menjual berbagai macam kebutuhan baja ringan untuk Anda. Jual Canal C murah, jual atap galvalum, reng, spandek murah, genteng metal, genteng metal berpasir dan aksesoris lainnya yang Anda perlukan. Baja ringan berkualitas SNI dari Ibi Truss sudah pasti bermutu dan terpercaya.