Dudukan Panel Surya dari Baja Ringan

         Panel surya atau solar cell biasa dipahami masyarakat sebagai perangkat listrik yang merubah energi dari cahaya langsung menjadi tenaga listrik. Panel surya dipasang oleh beberapa masyarakat dikarenakan memiliki banyak manfaat. Diantaranya tidak memerlukan bahan bakar karena langsung menggunakan cahaya matahari, dapat dipasang di mana saja sesuai kebutuhan, dan kapasitas listrik dapat diatur. Pemasangan panel surya umumnya berada di atap rumah, atap rumah selain bisa digunakan untuk estetika hunian, peneduh dan pelindung, memang juga bisa dimanfaatkan untuk tempat panel surya. Dengan memasang panel surya pada atap rumah, kita mampu menyediakan energi listrik secara mandiri untuk kebutuhan harian rumah tangga.

       Panel surya terletak di atap rumah merupakan solusi agar dapat memanen cahaya matahari secara maksimal. Listrik yang dihasilkan panel surya dapat mendukung seluruh bentuk beban yang digunakan seperti lampu, kulkas, hingga kebutuhan rumah tangga lain. Namun, tidak bisa sembarangan, kesemuanya harus disesuaikan dengan kapasitas produksi panel surya yang dipasang.

       Pada saat pemasangan panel surya di atas atap rumah, pasti ada kendala yang dihadapi. Salah satunya dudukan sebagai tempat memasang baut. Tidak perlu khawatir atas hal tersebut, dudukan panel surya bisa menggunakan baja ringan. Hanya bermodal potongan baja ringan, dudukan panel surya sudah bisa dibuat sendiri. Pembuatannya pun cukup mudah :

a. Potongan baja ringan yang sudah disiapkan pastikan sudah dilubangi sesuai dengan jarak lubang panel surya. Sesuaikan ukuran lubang dengan ukuran baut.

b. Pasang dudukan panel surya dan pastikan semua lubang sudah sesuai. Pastikan sudah sesuai dengan ukuran panel surya yang dikehendaki.

c. Perlu diperhatikan juga adalah batas kapasitas pemasangan panel surya. Dalam peraturan menteri no. 49/2018 bahwa tujuan penggunaan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap adalah untuk menghemat tagihan listrik. Namun masyarakat yang ingin menginstalasi sistem tersebut tidak boleh melebihi daya listrik yang saat ini dimiliki.

d. Terakhir yang harus dipertimbangkan adalah harus memiliki izin pemasangan panel surya. Secara teknis harus melalui pengajuan izin ke kantor regional PLN. (Sumber : sankelux.co.id)

         Dengan teknik tersebut, kini Anda bisa memilih dan menggunakan baja ringan IBI Truss untuk dudukan panel surya di atap rumah Anda. Baja ringan IBI Truss bahannya yang terakumulasi dari kimia pelapis baja ringan IBI Truss  berupa aluminium 55%, zinc 42-44%, silicon 1-5%. Memiliki keunggulan ketahanan terhadap korosi lebih tinggi sehingga baja ringan IBI Truss lebih tahan lama dan tidak cepat kusam. Untuk informasi lengkap lainnya bisa membaca artikel berikut, http://indoberkainvestama.com/main/blog/detail/32/hal-yang-penting-diperhatikan-selain-harga-baja

 

Beli atap baja ringan IBI Truss

Ibi Truss memproduksi berbagai atap baja ringan dengan kualitas terbaik. Ada kanal C, reng, spandek, hollow, u-runner, metal stude, genteng metal, genteng metal berpasir serta rangka plafond galvalume dan galvanize. Berbagai kebutuhan baja ringan lainnya juga bisa Anda dapatkan dengan kualitas SNI. Harganya lebih hemat dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Jangan sampai tertipu dengan merk lain. Ibi Truss, roofing material system.  Segera hubungi 087854844507.