Aplikasi Baja Ringan yang Baik Agar Tidak Cepat Berkarat

Saat ini, aplikasi baja ringan sudah banyak dipilih oleh masyarakat sebagai pengganti bahan material kayu dalam pembangunan rumah. Rangka baja ringan memang memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan material lainnya, termasuk rangka rumah kayu. Salah satunya yaitu lebih tahan lama dan juga anti karat. Baja ringan berkualitas memiliki lapisan yang menyelimuti batang baja ringan sehingga bersifat anti karat. Lapisan tersebut merupakan campuran dari aluminium dan senyawa lainnya yang dapat mencegah terjadinya korosi. Namun tak dapat dipungkiri jika karat juga bisa muncul apabila lapisan yang menyelimuti baja ringan terbuka. Maka dari itu, penting bagi Anda melakukan pencegahan dan juga perawatan sehingga baja ringan tetap dalam kondisi baik dan lapisan anti karat yang dimilikinya tidak terbuka.

Lalu bagaimana supaya baja ringan berkualitas tidak cepat mengalami korosi atau mengalami karat? Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Jauhkan dari larutan asam

Permukaan baja ringan sangat reaktif ketika terkena larutan atau cairan asam. Apalabila hal tersebut terjadi, maka lapisan atau coating baja ringan bisa mengelupas dan tentu saja mengakibatkan baja berkarat. Larutan asam terdapat pada produk pembersih keramik atau lantai, maka Anda perlu berhati-hati dalam penggunaan produk ini saat memberihkan rumah. Sebaiknya, jauhlan aplikasi baja ringan  dari larutan asam.

2. Hindarkan dari resiko tergores

Saat melakukan pemasangan aplikasi baja ringan, ada banyak resiko yang bisa saja terjadi. Salah satunya kesalahan dalam pemasangan baja ringan yang dapat menimbulkan banyak goresan pada permukaan baja ringan berkualitas. Adanya goresan tersebut menyebabkan lapisan terbuka sehingga permukaan baja ringan berhubungan langsung dengan oksigen. Interaksi zat kimia baja dan oksigen dapat menyebabkan terjadinya proses oksidadi sehingga menimbulkan karat.

3. Hindarkan dari air semen

Ketika konstruksi bangunan atau aplikasi baja ringan berlangsung, hal penting yang perlu diperhatikan adalah melindungi baja ringan berkualitas dari adukan semen dan tahap pembetonan. Anda juga perlu menghindari aplikasi adonan semen untuk genteng nok atau karpus secara langsung di atas rangka baja ringan. Air semen yang menempel pada permukaan baja ringan dapat menghasilkan reaksi kimia yang mampu merusak lapisan antikarat. Apalagi jika lapisan antikarat yang dimiliki adalah jenis zinc atau galvanis.

4. Terjadi hujan dan panas

Cuaca di Indonesia kerap tidak menentu seperti pergantian panas dan hujan yang cepat atau lambat. Hal ini rupanya dapat memicu lapisan tahan karat mengelupas. Hal ini dapat menyebabkan proses korosi berjalan lebih cepat. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka sebaiknya tempatkan aplikasi baja ringan di ruangan yang tertutup

baca juga Rangka Kayu Digantikan Rangka Baja Ringan? Berikut Keunggulannya!

Beli baja ringan Ibi Truss

Jangan salah memilih baja ringan untuk kebutuhan kontruksi bangunan Anda. Pilih aplikasi baja ringan berkualitas Ibi Truss yang sudah terpercaya dan bersertifikat SNI. Baja ringan tahan pada suhu tinggi, tahan lama serta tidak mudah kusam. Profil pengakunya juga kokoh serta ketahanan pada koroso tinggi. Ibi Truss jual berbagai macam baja ringan yang Anda butuhkan mulai dari reng, canal, hollow, spandek galvalum, genteng metal, genteng metal berpasir hingga aksesorisnya. Harga dijamin lebih ekonomis dan bersaing. Beli baja ringan berkualitas Ibi Truss dengan kualitas G550 dan Az100. Sambungan Canal C mudah dirangkap serta mudah dalam pemasangan. Jadi tunggu apalagi? Yuk segera beli baja ringan Ibi Truss untuk kebutuhan rumah impian Anda.