Macam-Macam Model Atap Berdasarkan Bentuknya

          Berdasarkan bentuknya, atap dapat dibedakan menjadi lima model atap standar. Apa saja ? yaitu, atap pelana, perisai, kerucut, atap modifikasi dan atap datar.

  • Atap pelana

Merupakan atap yang berbentuk segitiga. Dengan model tersebut, air dapat mengalir pada dua arah yaitu arah depan dan belakang atau arah samping kiri dan kanan. Bentuk atap ini banyak digunakan pada perumahan yang ukuran bangunannya sama dengan luas tanah atau dibangunan pabrik, gudang, hanggar pesawat dan masih banyak lainnya. Atap berbentuk pelana ini memiliki resiko bocor yang lebih kecil karena tidak ada pertemuan arah air yang berbeda sehingga tidak ada talang. Kelebihan menggunakan model atap ini pengerjaannya lebih mudah dan cepat serta kebutuhan bahan lebih sedikit.

  • Atap perisai

Merupakan model atap yang menggunakan unsur jurai dan memiliki bentuk seperti perisai. Atap ini sangat cocok digunakan untuk bangunan yang tapak dan luas tanahnya lebih besar. Kelebihan menggunakan atap ini antara lain modelnya lebih indah, dapat diterapkan pada bangunan yang tapaknya berbentuk T,L atau U, resiko hentakan angin kecil karena bidangnya miring. Sementara kekurangan menggunakan model ini adalah penggunaan material lebih banyak, sering terjadi kebocoran bila ada talang air, pengerjaannya lebih rumit.

  • Atap kerucut

Merupakan model atap yang tidak standar dimana kemiringan sudutnya lebih dari 30 derajat. Atap ini pun sering disebut atap limasan karena bentuknya seperti limasan. Model seperti ini lebih banyak menghabiskan material, pengerjaan dan perawatan lebih rumit, resiko terhadap beban angin dan gempa besar jika perhitungan struktur kuda-kudanya tidak akurat.

  • Atap modifikasi

Merupakan bentuk yang dimodifikasi dari perpaduan dua atau tiga model atap. Model atap ini lebih banyak digunakan pada banyak perumahan saat ini

  • Atap datar

Merupakan atap yang memiliki kemiringan kurang dari 10 derajat. Model rumah seperti ini sangat fleksibel untuk semua jenis tapak bangunan. Jika pengerjaannya kurang bagus maka atap model ini sering terjadi kebocoran.