Permasalahan yang Kerap Terjadi Pada Atap Rumah

                 Atap rumah menjadi salah satu bagian rumah yang kerap bermasalah. Dikarenakan atap rumah merupakan salah satu bagian rumah yang kerap menghadapi perubahan cuaca seperti terkena panas, hujan dan angin. Hal itu yang membuat atap rumah berpotensi sering rusak.

Masalah yang kerap menimpa atap rumah kita saat cuaca buruk diantaranya :

1. Warna genteng memudar

Tidak seperti dinding dan lantai yang sering mendapat perawatan dan dibersihkan. Atap seringkali minim perhatian. Misalnya genteng yang penuh dengan dedaunan bisa mengakibatkan genteng mudah kusam dan rapuh.

2. Gangguan dari ranting pohon

Ranting pohon yang terlalu tinggi dibandingkan atap, maka akan mengganggu atap. Ranting yang besar juga akan menggeser genteng. Geseran antara genteng dengan ranting lama-kelamaan bisa mengakibatkan genteng rusak.

3. Kebocoran

Apabila atap tidak lagi bisa menahan rembesan air, secara otomatis air akan jatuh ke langit-langit rumah yang menyebabkan kebocoran.

4. Genteng yang terbawa angin

Apabila genteng tidak dipasang secara benar atau pemasangan kurang kuat, secara otomatis genteng akan mudah terbang terbawa angin. Terutama pada saat terjadi angin kencang dan hujan lebat. Genteng yang berterbangan jelas merupakan masalah yang serius karena genteng atau atap dapat berjatuhan hingga membahayakan orang-orang yang ada di sekitar. Bahkan atap yang terbang dan berjatuhan akan pecah dan rusak. Itulah kenapa pemasangan baja ringan yang sesuai kaidah sangat diperlukan terutama untuk permukiman yang berada di wilayah rentan cuaca buruk seperti angin kencang atau angin puting beliung.

5. Panel atau tiang besi yang rusak karena pemuaian

Apabila pada atap rumah kita terpasang panel, yang terbuat dari besi atau logam, seringkali yang terjadi adalah apabila tidak ada ruang untuk pemuaiannya. Yang terjadi tiang-tiang tersebut akan mendesak bagian-bagian atap lain ketika memuai dan dapat merusak beberapa bagian penutup atap, bahkan bisa berakibat tiang itu menjadi rusak.