Baja Ringan Itu Ramah Lingkungan Lho !

            Saat ini baja ringan menjadi material bangunan yang sedang trending. Rangka atap baja ringan mulai dominan dikenal dibandingkan material lainnya untuk rangka atap. Baja ringan diklaim memiliki sifat yang ramah lingkungan disebabkan memberikan solusi atau alternatif penggunaan material yang bisa mengurangi tindakan pembalakan liar atau yang biasa disebut illegal logging pada jenis pohon yang dilindungi, serta material baja ringan tidak akan menyisakan sampah, sebab bisa digunakan kembali setelah bangunan dibongkar.

             Seringkali perusahaan baja ringan melampirkan informasi ekolabel atau ramah lingkungan pada brosur atau pada packaging produknya. Menjelaskan bahwa produk tersebut ramah lingkungan, daur hidupnya menimbulkan dampak lingkungan negatif yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis tanpa tanda ekolabel. Daur hidup mencakup perolehan bahan baku, proses pemuatan, pendistribusian, pemanfaatan, pembuangan serta pendaur ulangan. Mungkin sedikit masih menjadi keraguan masyarakat luas tentang hal ini. Namun untuk lebih jelasnya, berikut beberapa informasi yang terkumpul di beberapa laman website tentang tujuan ekolabel adalah untuk :

  1. Mendorong permintaan dan penawaran produk ramah lingkungan di pasar yang juga mendorong perbaikan lingkungan.

      b. Mendorong konsumen agar memilih produk yang memiliki dampak buruk lingkungan yang lebih kecil dibandingkan dengan produk lain.

  1. Konsumen memperoleh informasi mengenai dampak lingkungan dari produk tersebut.

Sedangkan prinsip-prinsip ekolabel diantaranya :

  1. Memberi dampak buruk lingkungan yang sangat kecil mulai dari pengadaan bahan baku, proses produksi, pendistribusian, penggunaan, dan pembuangan setelah dipakai dibandingkan dengan produk lain.
  2. Memberikan informasi kepada konsumen mengenai dampak lingkungan yang ada dalam produk  sebagai bandingan dengan produk lain.

                Lantas, mengapa konsumen perlu beralih pada produk ekolabel? sebab, produk ekolabel merupakan produk ramah lingkungan yang mempertimbangkan mulai dari bahan baku yang legal dan dikelola secara lestari, pengelolaan limbah dan efisiensi pemanfaatan sumberdaya alam dan untuk ruang lingkup pelestarian hutan. Apakah anda sedang berkebutuhan baja ringan ? ayo kontak kami di 087854844507 atau klik https://www.youtube.com/results?search_query=indoberka+investama dan https://indoberkainvestama.com/