Atap Rumah Bocor ?

           Atap rumah bocor ? permasalahan atap bocor memang sering terjadi dimusim hujan. Usaha pencegahan lebih baik sebelum terjadi hal yang fatal. Atap yang terkikis oleh air lama-kelamaan akan keropos, dan atap yang keropos beresiko rubuh. Oleh karenanya, ayo ketahui penyebab atap bocor :

 a. Atap yang jarang diperiksa

 b. Tidak lancarnya saluran air

 c. Lapisan genting yang rusak

 d. Pipa bocor

Pelindung pipa yang terlalu tipis dapat dengan mudah diterobos air.

  1. Penutup atap yang rusak atau tergeser

Cuaca ekstrem dapat menggeser susunan penutup atap dan merusak ketahannya terhadap air, sehingga air hujan akan dengan mudah mengalir masuk.

Lantas, apa yang perlu dilakukan ?

  1. Lakukan pengecekan secara rutin

Titik-titik yang rentan terjadi kebocoran pada atap rumah yaitu pada saluran air dan pipa yang sudah bocor atau rusak. Apabila sudah terkikis, bahkan kerusakan yang terbilang kecil pun, segeralah lakukan tindakan reparasi sebelum terjadi kebocoran. Setelah memeriksa saluran dan talang air, periksa lapisan anti bocor pada genteng rumah dan periksa apakah membrane atap masih tertutup dengan rapat. Cari area yang berlubang, periksa jamur-jamur yang tumbuh di sekitar atap. Dimana ada jamur yang tumbuh, titik kebocoran pasti tidak akan jauh.

  1. Pastikan atap selalu bersih dan bebas dari genangan air

Genangan air pada atap rumah adalah salah satu penyebab bocor. Sehingga kita harus membersihkan saluran air dan talang supaya terbebas dari sumbatan. Apabila rumah memiliki pohon yang tumbuh melebihi atap rumah. Dedaunan yang berjatuhan dapat menyumbat saluran air dengan cepat. Kontrol kebersihan setiap dua bulan sekali

  1. Ventilasi udara

Atap yang terlalu lembap adalah salah satu penyebab kebocoran saat musim hujan. Untuk menghindari atap keropos, pastikan rumah memiliki sistem sirkulasi udara yang baik. Sediakan jendela atau lubang pada sisi atap atau bawah penutup atap sehingga ruangan dalam kerangka atap tetap kering. Bangun dengan ukuran sedang, dengan begitu sirkulasi udara tetap lancar dan air hujan pun tidak bisa masuk.

  1. Periksa dan perbaiki area berdempul

Atap yang sering diperbaiki terkadang memiliki banyak area tumpukan lapisan anti bocor. Tumpukan ini tahan air dan dapat bertahan menghadapi cuaca buruk. Namun, seiring berjalannya waktu, tumpukan tersebut bisa terkikis air. Hingga membentuk celah kecil dan memudahkan air hujan merembes masuk. Perbaiki segera dan hindari menunggu bocor.

Berikut adalah aksesori atap anti bocor yang perlu dipasang di rumah kita :

  1. Penutup atap double : Untuk mencegah air meresap ke dalam plafon. Dengan dua penutup atap, bila ada yang rembes, tidak langsung mengenai atap dalam rumah. Baja Ringan IBI Truss menyediakan berbagai macam penutup atap berkualitas untuk hunian Anda.
  2. Talang air : Untuk mengalirkan air jatuh ke tanah dan tidak mengendap di atap. Baja Ringan IBI Truss menyediakan talang air berkualitas untuk hunian Anda.
  3.  Nok : Berfungsi menahan air untuk meresap ke dalam penutup atap. Setiap sisinya bisa dilapisi cat anti bocor. Baja Ringan IBI Truss menyediakan nok spandeck dan nok genteng berkualitas untuk hunian Anda. Jadi, tidak takut lagikan atap rumah bocor ?

Beli atap baja ringan IBI Truss

Ibi Truss memproduksi berbagai atap baja ringan dengan kualitas terbaik. Ada kanal C, reng, spandeck, hollow, u-runner, metal stude, genteng metal, genteng metal berpasir serta rangka plafon galvalum. Berbagai kebutuhan baja ringan lainnya juga bisa Anda dapatkan dengan kualitas SNI. Harganya lebih hemat dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Jangan sampai tertipu dengan merk lain. Ibi Truss, roofing material system.  Segera hubungi 087854844507.