Tips Rumah Tahan Gempa

       Rumah tahan gempa ?  ini yang perlu kita simak. Sebab, Indonesia adalah negara yang rawan terhadap gempa. Desain rumah tahan gempa perlu menjadi pertimbangan kita apabila ingin membangun hunian.  Hal ini untuk mencegah adanya resiko lebih besar yang diakibatkan oleh gempa. Tips rumah tahan gempa :

  1. Perhatikan kualitas tanah dan perencanaan denah

Pastikan tanah yang digunakan cukup padat dan keras. Sehingga saat terjadi getaran yang ditimbulkan gempa, tidak terlalu mengubah permukaan tanah. Hindarilah plastic soils, sebab biasanya kekuatan tanah tersebut bisa berkurang ketika terkena air khususnya pada daerah dengan intensitas hujan tinggi.

  1. Kekuatan pondasi

Pondasi rumah sangat penting untuk menyalurkan beban ke tanah. Semakin baik pondasinya, dipastikan semakin kokoh pula bangunan tersebut. Sebuah pondasi agar lebih kokoh disarankan harus ditanam ke dalam tanah dengan minimal kedalaman 60-75 sentimeter. Selain itu perhatikan angkur yang menghubungkan bangunan dengan pondasi. Pastikan bahwa angkur tersebut kokoh dan terhubung kuat dengan sloof dan pondasi.

  1. Bahan dasar pondasi yang tepat

Pastikan kita menggunakan komposisi kualitas terbaik seperti pasir halus, kerikil, air, semen yang presisi sehingga bisa mencegah retakan-retakan kecil yang bisa membuat roboh bangunan. Serta pastikan campuran beton diukur dengan presisi sehingga beton yang dihasilkan adalah kualitas terbaik.

  1. Ketinggian rumah

Ketinggian dan jumlah lantai menentukan kekuatan rumah sebab beban yang ditanggung oleh pondasi rumah akan semakin besar.

  1. Tingkat simetris rumah

Ketika terjadi goncangan, maka tidak ada bagian rumah yang berat sebelah sebab sudah dirancang secara simetris. Dengan kata lain, efek etorsi akan berkurang ketika rumah sudah simetris.

  1. Bahan Material Rumah

Misalnya mengganti atap konvensional menjadi baja ringan.

  1. Perbaikan setelah konstruksi

Sangat disarankan agar mengecek secara berkala kondisi rumah sehingga bisa mengantisipasi efek gempa.

          Sudah memahami bagaimana tips rumah tahan gempa ? materialnya beli saja di IBI Truss. IBI Truss memproduksi berbagai atap baja ringan dengan kualitas terbaik. Ada kanal C, reng, spandek, hollow, u-runner, metal stude, genteng metal, genteng metal berpasir serta rangka plafond galvalume dan galvanize. Berbagai kebutuhan baja ringan lainnya juga bisa Anda dapatkan dengan kualitas SNI. Harganya lebih hemat dan kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Jangan sampai tertipu dengan merk lain. Ibi Truss, roofing material system.  Segera hubungi 087854844507.